Mengenal Lebih Ikan Sapu-Sapu Sang Pembersih Akuarium

Ikan Sapu-Sapu – Ikan sapu-sapu adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Tropis. Selain akrab disapa dengan nama ikan Sapu-sapu, ikan ini juga banyak dikenal dengan nama ikan Bandaraya, Pleco, Plecs, atau bahkan Plecotomus.

Yang menjadi ciri khas dari ikan Sapu-sapu adalah karakternya yang dikenal sebagai ikan hias pembersih akuarium. Ikan hias ini akan berdiam diri atau bergerak perlahan dalam tempo waktu yang cukup lama pada suatu titik akuarium sembari memakan kotoran-kotoran yang ada.

Ikan Sapu-sapu merupakan jenis ikan hias omnivora yang berarti pemakan segala. Lumut, alga, kutu air, kotoran-kotoran yang menempel pada akuarium, dan lain sebagainya akan dimakan oleh ikan ini. Ikan Sapu-sapu ini juga akan mencari sisa-sisa tumbuhan air di kala malam hari tiba.

Ukuran tubuh ikan Sapu-sapu ini tergolong cukup besar untuk ukuran ikan hias air tawar. Panjangnya dapat mencapai hingga 60 cm atau bahkan lebih dari itu. Namun, semakin besar ukurannya, sering kali ikan Sapu-sapu akan semakin malas, pendiam, tak begitu aktif, dan kurang bersahabat.

Tak hanya insang, ikan Sapu-sapu juga menggunakan labirin sebagai alat pernafasannya. Ketika berada di dalam kondisi air yang keruh atau berlumpur, labirin yang dimiliki ikan Sapu-sapu akan bekerja membantu pernafasan ikan Sapu-sapu ini.

Jenis Ikan Sapu-Sapu

Jenis Ikan Sapu-Sapu

www.ratemyfishtank.com

Ikan Sapu-sapu ini memiliki jenis yang cukup bervariasi. Tak seperti ikan Sapu-sapu yang sering kali ditemukan di pasaran, banyak di antara jenis-jenisnya yang tergolong cantik dan amat diminati. Setiap jenisnya tersebut sering kali memiliki keunikan dari corak-corak cantik yang dimilikinya.

1. Ikan Sapu-Sapu Common Pleco

Ikan Sapu-Sapu Common Pleco

aquaticmag.com

Ikan Sapu-sapu Common Pleco merupakan jenis ikan sapu-sapu yang paling sering ditemui. Tubuhnya diselimuti oleh warna hitam nan gelap. Ikan Sapu-sapu jenis ini paling banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Akuarium dengan kapasitas air sebesar 40 liter dirasa cukup untuk menampung anakan ikan Sapu-sapu jenis ini. Namun ketika mereka dewasa dibutuhkan akuarium yang sekiranya mampu menampung air 200 hingga 400 liter.

Walaupun sebenarnya ikan Sapu-sapu jenis ini bisa bertahan hidup pada kondisi air yang cukup kotor, namun terkadang mereka akan menjadi sering melompat keluar dari akuarium yang berair kotor. Karena di habitat aslinya, air yang kotor berarti pertanda akan datangnya musim kemarau.

2. Ikan Sapu-Sapu Zebra Pleco

www.yelp.com

www.yelp.com

Ikan Sapu-sapu Zebra Pleco ini adalah ikan Sapu-sapu yang begitu cantik. Coraknya yang memadukan antara warna hitam dan putih membentuk belang nan teratur menjadikan ikan Sapu-sapu Zebra Pleco terlihat layaknya seekor kuda zebra.

Ikan Sapu-sapu Zebra Pleco ini juga dikenal sebagai jenis ikan Sapu-sapu termahal di dunia. Untuk mendapatkan seekor ikan Sapu-sapu Zebra Pleco dengan kualitas terbaik, diperlukan kocek sebesar 1,5 juta rupiah atau bahkan bisa lebih dari itu.

Pada awalnya, ikan Sapu-sapu jenis ini ditemukan benua Amerika, tepatnya di Brazil, Amerika Selatan. Karakternya cenderung tenang dan tidak agresif sehingga aman dicampur dengan ikan hias lainnya. Kebanyakan ikan Sapu-sapu ini berukuran 7 cm ketika mereka dewasa.

3. Ikan Sapu-Sapu Gold Nugget Pleco

Ikan Sapu-Sapu Gold Nugget Pleco

www.flickr.com

Ikan Sapu-sapu Gold Nugget Pleco juga termasuk salah satu jenis ikan Sapu-sapu tercantik yang ada di dunia. Ikan Sapu-sapu Gold Nugget Pleco memiliki warna hitam sebagai warna dasarnya yang kemudian dipadukan dengan bintik-bintik kuning keemasan yang begitu indah.

Amerika Selatan merupakan daerah asal ikan Sapu-sapu Gold Nugget Pleco ini, tepatnya berada di salah satu sungai terpanjang di dunia yakni sungai Amazon. Di habitat aslinya, mereka dapat tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 20 cm.

4. Ikan Sapu-Sapu Scarlet Pleco

Ikan Sapu-Sapu Scarlet Pleco

www.loricariidae.no

Ikan Sapu-sapu Scarlet Pleco merupakan jenis ikan Sapu-sapu dengan warna dasar hitam. Di ujung sirip dan ekornya terdapat corak berwarna merah keoren-orenan. Karena itulah ikan Sapu-sapu jenis ini dinamakan Scarlet yang berarti merah keoren-orenan.

Brazil merupakan daerah asal ikan Sapu-sapu Scarlet Pleco ini. Mereka dapat tumbuh dan berkembang hingga memiliki ukuran tubuh yang terbilang besar. Ikan Sapu-sapu jenis ini dapat mencapai panjang 45 cm ketika mereka telah dewasa.

5. Ikan Sapu-Sapu Sunshine Pleco

Ikan Sapu-Sapu Sunshine Pleco

somethingfishyinc.ning.com

Jika diperhatikan sekilas, ikan Sapu-sapu Sunshine Pleco ini hampir serupa dengan ikan Sapu-sapu jenis Gold Nugget Pleco. Tubuhnya berwarna dasar hitam dan memiliki bintik-bintik kuning keemasan. Hanya saja, Sunshine Pleco ini terlihat memiliki bintik yang lebih kecil dan rapat serta terlihat lebih bercahaya.

Tak berbeda jauh dengan ikan Sapu-sapu lainnya, ikan Sapu-sapu jenis Sunshine Pleco ini juga berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di sekitar wilayah Brazil. Ketika dewasa, ikan Pleco jenis ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm.

***

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai ikan Sapu-sapu atau yang dikenal juga dengan ikan Pleco. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bersama.

Leave a Reply