Pesona Keindahan Ikan Palmas Si Ikan Naga Mungil Nan Cantik

Pernah mendengar atau melihat naga yang diceritakan dalam legenda rakyat China? Tentu kebanyakan di antara kita sudah mengetahui wujud naga yang digambarkan dalam cerita rakyat China tersebut bukan?

Naga dalam legenda China digambarkan memiliki tubuh yang panjang layaknya seekor ular, dengan sirip punggung menyerupai duri-duri yang runcing, kaki yang mungil, tubuhnya diselimuti oleh sisik yang kasar, serta memiliki kumis dan terkadang bertanduk pula.

Lalu, apa kaitannya dengan ikan Palmas yang akan menjadi tema dalam artikel kali ini? Ya, ikan Palmas ternyata memiliki tubuh yang mirip seperti naga dalam legenda rakyat China. Karena itulah, ikan Palmas ini lebih dikenal sebagai “ikan naga”.

Kebanyakan ikan Palmas ini terlihat begitu persis dengan naga yang digambarkan oleh masyarakat China. Tubuhnya panjang dan terlihat dilapisi oleh sisik yang kasar, sirip punggungnya terlihat layaknya duri-duri yang tersusun rapi, sirip bawah yang menyerupai sepasang kaki naga, dan beberapa jenis di antaranya memiliki kumis, bahkan tanduk.

Karena memiliki sirip yang banyak di punggungnya, ikan Palmas ini termasuk golongan ikan Bichir dalam keluarga Polypteridae. Selain dikenal sebagai ikan naga, ikan Palmas juga dikenal sebagai “Snake Fish” yang bermakna “ikan yang menyerupai ular”.

Bentuk tubuhnya yang seperti itu pun mencirikan bahwa ikan Palmas ini adalah salah satu jenis ikan purba yang masih hidup hingga kini. Oleh karena itu, ikan Palmas ini pun dikenal juga sebagai salah satu jenis ikan primitif.

Ikan Palmas ini tergolong jenis hewan nokturnal yang berarti ikan ini akan mencari makan serta melakukan aktifitas lebih banyak di malam hari. Sedangkan pada siang harinya, ikan ini akan terlihat cenderung lebih pendiam dan banyak bersembunyi.

Jenis-Jenis Ikan Palmas

Jenis-Jenis Ikan Palmas

threecandra.blogspot.com

  1. Barred bichir (Polypterus delhezi)
  2. Saddled Bichir (Polypterus endlicheri endlicheri)
  3. Congo bichir (Polypterus endlicheri congicus)
  4. Ornate bichir (Polypterus ornatipinnis)
  5. Gray bichir (Polypterus senegalus)
  6. Shortfin bichir (Polypterus palmas palmas)
  7. Buettikoferi bichir (Polypterus palmas buettikoferi)
  8. Polli bichir (Polypterus palmas polli)
  9. Guinean bichir (Polypterus ansorgii)
  10. Mokèlé-mbèmbé bichir (Polypterus mokelembembe)
  11. Lapradei Bichir (Polyterus bichir lapradei)
  12. Mottled bichir (Polypterus weeksii)
  13. Cross River bichir (Polypterus teugelsi)
  14. Nile bichir (Polypterus bichir bichir)
  15. West African bichir (Polypterus retropinnis)
  16. Albino

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Palmas

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Palmas

imageevent.com

Ikan Palmas in sebenarnya termasuk jenis ikan hias yang cukup mudah dipelihara. Mereka mampu hidup dalam kondisi air yang kotor dan bahkan mampu pula hidup tanpa air dalam tenggang waktu yang cukup lama.

Walaupun begitu, agar ikan Palmas dapat hidup sehat dan juga terawat, tentu ikan ini tetap memerlukan perawatan serta pemeliharaan yang tepat. Akuarium tetap membutuhkan filter dengan sirkulasi air yang baik dan rutin dikuras secara teratur.

Ikan ini sebaiknya ditempatkan pada akuarium dengan air yang bersuhu pada kisaran 16 sampai 27 derajat celcius. Sedangkan untuk tingkat keasaman airnya, sebaiknya berkisar pada pH air antara 6,5 hingga 7.

Ikan Palmas atau ikan naga ini lebih banyak menghabiskan waktunya sehari-hari dengan merebahkan diri di dasar air. Selain itu, ikan Palmas ini memiliki sirip bawah yang cukup kuat sehingga ia mampu berjalan dengan siripnya, atau bahkan melompat keluar dari akuarium.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan seperti melompat keluar dari akuarium, kemudian menghilang atau bahkan mati kekeringan, sebaiknya siapkan penutup yang sekiranya mampu menghalangi agar ikan ini tak mampu keluar dari akuarium.

Untuk masalah pakannya, karena ikan Palmas tergolong jenis ikan hias karnivora, predator kecil ini bisa diberikan pakan berupa cacing sutera atau jenis cacing kecil lainnya. Selain itu, ikan ini juga dapat diberikan pakan berupa pelet tenggelam.

Membedakan Jenis Kelamin Hingga Melakukan Pemijahan

Membedakan Jenis Kelamin Hingga Melakukan Pemijahan

kuliah-ikan.blogspot.com

Ikan Palmas berjenis kelamin jantan dengan ikan Palmas berkelamin betina dapat dibedakan dengan melihat kelebaran sirip bawah bagian belakangnya. Ikan Palmas jantan cenderung memiliki sirip bawah bagian belakang yang lebih lebar daripada betina. Bahkan ukurannya hampir 2 kali milik betina.

Ikan Palmas yang telah berusia kurang lebih satu tahun, baik jantan maupun betina sudah dapat dikembang biakkan. Pemijahan dapat dilakukan secara massal (2 jantan dengan 3 betina) dan bisa pula dilakukan secara satu pasang saja.

Siapkan wadah berupa kolam semen, bak plastik, akuarium, ataupun sejenisnya yang berukuran 100 cm x 50 cm x 40 cm, lengkap dengan airatornya agar kebutuhan oksigen dapat tersirkulasi dengan baik. Wadah tersebut kemudian diisi air dengan kedalaman sekitar 25 cm.

Jangan lupa untuk meletakkan substrat di dasar wadah. Hal tersebut dilakukan karena setelah ikan Palmas melakukan perkawinan dengan pasangannya, telur akan diletakkan pada substrat. Setelah telur terlihat, pindahkan substrat ke wadah penetasan. Telur akan menetas setelah 3 atau 4 hari.

Leave a Reply