Ikan Oscar, Kerabat Louhan yang Tak Kalah Menawan

Buat kamu yang sedang mencari ikan hias recommended, coba deh pelihara ikan hias yang satu ini. Ikan Oscar namanya. Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari Amerika, tepatnya sungai Amazon. Kemolekan tubuhnya pasti bikin akuarium kamu tambah menarik deh.

Siapa yang menyangka, ternyata ikan Oscar ini masih merupakan kerabat dekat dari ikan Louhan yang dikenal mewah dan mahal loh. Ikan Oscar juga merupakan salah satu jenis ikan anggota dari keluarga Chiclidae. Nama latinnya pun adalah Astronotus ocellatus.

Sebagai salah satu penduduk dari sungai Amazon, ikan Oscar dikenal memiliki pribadi yang cukup agresif dan galak. Sering kali ikan ini menjadi pentolan” dalam akuarium, bahkan tak segan memangsa ikan lain yang berada di dekatnya.

Namun jangan salah dulu. Sekalipun ikan Oscar terlihat sangat garang terhadap ikan-ikan hias jenis lain, namun ikan Oscar bisa menjadi ikan yang sangat pandai menarik perhatian tuannya loh. Hal itu juga yang menjadikan ikan Oscar sangat digemari.

Ikan Oscar dapat hidup cukup lama dengan ukuran tubuh yang juga besar. Ia dapat tumbuh besar hingga mencapai panjang sekitar 40 cm. Sedangkan umurnya diketahui dapat mencapai usia 10 hingga 12 tahun.

Mengenal Jenis-jenis Ikan Oscar

Jenis ikan Oscar yang kini menjadi salah satu ikan hias paling populer di dunia ternyata cukup banyak. Tidak sedikit di antaranya yang merupakan hasil kawin silang dari generasi sebelumnya. Beberapa jenis ikan Oscar yang cukup terkenal adalah sebagai berikut:

#1. Jenis Ikan Oscar Merah atau Red Oscar

Jenis Ikan Oscar Merah atau Red Oscar

Sumber: YouTube

Jenis ikan Oscar yang pertama adalah jenis Red Oscar atau Oscar merah. Dinamakan sebagai ikan Oscar merah karena jenis ini memang didominasi oleh warna kemerahan. Sedangkan warna hitam hanya melengkapinya sehingga ia nampak begitu indah.

Jenis ikan Oscar merah merupakan jenis ikan Oscar yang paling populer. Jenis ini sangat memiliki banyak peminat sehingga banyak diperjual belikan. Tentu wajar bukan, karena ikan Oscar ini memang memiliki kombinasi warna yang elegan.

#2. Jenis Ikan Oscar Tiger

Jenis Ikan Oscar Tiger

Sumber: Cichlids.com

Jenis ikan Oscar yang selanjutnya adalah jenis ikan Oscar Tiger. Jenis ikan Oscar yang satu ini juga tak kalah cantik dari jenis lainnya. Tubuhnya teramat cantik dihiasi oleh pola menarik yang berwarna merah atau oranye, dan kehitaman.

Ikan Oscar tiger sering kali dijuluki sebagai ikan Oscar asli. Hal itu disebabkan karena ikan Oscar Tiger mempunyai karakter ikan Oscar yang murni. Selain itu, ia juga dapat berkembang biak secara murni dan sangat cocok dijadikan sebagai ikan peliharaan.

#3. Jenis Ikan Oscar Albino

Jenis Ikan Oscar Albino

Sumber: Aquatic-Village.com

Satu lagi jenis ikan Oscar yang tak kalah menarik adalah ikan Oscar albino. Sesuai dengan namanya, ia memiliki tubuh albino yang berarti tidak mempunyai pigmen warna. Warna dasarnya adalah putih albino, dan kadang dihiasi dengan corak menarik perwarna oranye.

Harga Ikan Oscar di Pasaran

Di pasar Indonesia, harga ikan Oscar sangat variatif, mulai dari yang terbilang cukup murah, hingga yang sangat mahal. Itu semua tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari jenis, kualitas, kesehatan, ukuran, kecantikan, dan sebagainya.

Kebanyakan ikan Oscar dewasa yang dijual berukuran sekitar 15 hingga 20 cm. Harga rata-rata di pasaran berkisar di antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah per ekornya. Sedangkan untuk anakannya berkisar di antara 5 hingga 10 ribu rupiah per ekornya.

Akan tetapi, Anda jangan terkejut ketika melihat ikan Oscar dengan harga yang amat tinggi, seperti 50 juta rupiah per ekornya, atau bahkan hingga ratusan juta per ekornya. Biasanya, ikan Oscar dengan harga yang sangat fantastis tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang sangat jarang ditemui.

Leave a Reply