Si Layang-layang Air, Ikan Manfish

Kehadiran sosok ikan Manfish selalu menjadikan akuarium tampak lebih cantik. Bagaimana tidak, tubuhnya tergolong unik dan cantik. Ikan Manfish memang memiliki tubuh yang indah, bak sebuah layang-layang berlenggok dalam air.

Para hobbyist kadang memanggilnya dengan nama ikan Layang-layang atau angle fish. Tubuhnya yang berbentuk layang-layang, gerakan yang anggun, juga motif warnanya yang tak kalah menarik, menjadi alasan utama mengapa ikan ini diberi nama Angle yang berarti bidadari.

Ikan Manfish merupakan hias cantik air tawar yang pada mulanya berasal dari perarian Amerika Selatan, seperti Brazil, Amazon, Colombia, dan sebagainya. Namun kini keberadaannya telah tersebar ke banyak negara untuk dibudidaya dan dipelihara, termasuk Indonesia.

Tubuhnya yang berbentuk layang-layang terlihat sangat cantik dan menggoda. Perutnya tampak pipih dari depan, namun melebar ke atas, mirip seperti ikan Discus. Sedangkan bagian kepalanya seperti busur yang siap melontarkan anak panahnya.

Kebanyakan ikan Manfish memiliki sirip dan ekor yang indah. Di bagian ujung siripnya memanjang hingga menjuntai menghias dirinya. Kecantikannya pun dimaksimalkan dengan kombinasi warna-warna menarik yang melapisi sisiknya.

Jenis Ikan Manfish

Jenis-jenis Ikan Manfish

Sumber: Semuaikan.com

Ada cukup banyak varian jenis Ikan Manfish yang biasa dipelihara, khususnya di Indonesia. Hal itu juga menjadikan ikan hias yang satu ini cukup sering ditemukan di banyak toko ikan hias. Setiap jenisnya tentu memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut beberapa jenis Ikan Manfish yang cukup sering dipelihara:

  1. Jenis Ikan Manfish Marble, tubuhnya memiliki kombinasi antara warna hitam dan putih yang silih berganti, membentuk motif vertikal.
  2. Jenis Ikan Manfish Diamond, tubuhnya berwarna silver hingga kehijauan. Di bagian atasnya terdapat motif kuning kecokelatan.
  3. Jenis Ikan Manfish Black and White, tubuhnya terdiri 2 warna seperti namanya, yakni hitam dan putih. Bagian hitam terletak pada belakang tubuhnya, sedangkan bagian putih terdapat pada tubuh depannya.
  4. Jenis Ikan Manfish Imperial, tubuhnya berwarna silver, dihiasi dengan 4 motif vertikal kecokelatan.
  5. Jenis Ikan Manfish Platinum, tubuhnya berwarna putih platinum tanpa corak dan motif apapun, namun ia menjadi salah satu jenis ikan Manfish tercantik.
  6. Jenis Ikan Manfish Leopard, tubuhnya dihiasi oleh bintik dan loreng menyerupai macan tutul.
  7. Jenis Ikan Manfish Koi, tubuhnya memiliki perpaduan warna yang biasa dimiliki oleh ikan koi. Seperti melihat perpaduan antara ikan Manfish dengan ikan Koi.
  8. Jenis Ikan Manfish Gold Pearlscale, tubuhnya seperti emas yang ditaburi sisik mutiara.
  9. Jenis Ikan Manfish Super Veil, sirip dan ekornya menjuntai dengan sangat indah.
  10. Jenis Ikan Manfish Black And Black Lace, tubuhnya berwarna hitam elegan tanpa motif sedikitpun.

Kesepuluh jenis ikan Manfish di atas dirasa cukup mewakili jenis ikan Manfish lainnya. Namun perlu diketahui, di luar sana masih banyak jenis ikan Manfish lainnya yang belum sempat kami deskripsikan di sini.

Fakta Unik Ikan Manfish

Fakta Unik Ikan Manfish

Sumber: Endlessocean.Wikia.com

Ada beberapa fakta yang cukup unik mengenai ikan Manfish. Mungkin sebagian dari kita tidak menyangka bahwa ikan Manfish memiliki fakta-fakta seperti ini. Berikut pembahasannya:

#1. Ikan Manfish Termasuk Ikan Cichlid

Siapa sih yang tidak kenal ikan Louhan? Ikan Louhan merupakan jenis paling terkenal dari keluarga Cichlid. Nah, walaupun bentuknya terbilang cukup jauh, ternyata ikan Manfish juga termasuk salah satu anggota keluarga Cichlid loh. Dalam kata lain, ikan Manfish merupakan kerabat dekat ikan Louhan.

#2. Ikan Manfish Sangat Mencintai Anak-anaknya

Di saat beberapa jenis ikan lain tak memiliki hati dan tega memakan bayi-bayinya yang baru muncul ke bumi ini, ikan Manfish tidak bersifat seperti itu. Ikan Manfish sangat melindungi bayi-bayinya saat mereka semua menetas dari telurnya.

#3. Ikan Manfish Cenderung Karnivora

Walaupun ikan Manfish terbilang mudah diberi makan, dan sejatinya merupakan hewan omnivora yang berarti pemakan segala, namun ia memiliki kecenderungan untuk memakan pakan hidup. Ikan Manfish sangat menyukai daging kecil seperti cacing sutera, udang air tawar, dan sebagainya.

Leave a Reply