Jenis-Jenis Ikan Hias Air Laut Tercantik Asal Lautan Lepas yang Mudah Dipelihara

Memelihara ikan hias sudah menjadi sebuah hobi yang amat menarik bagi sebagian orang. Selain karena keindahan tubuhnya, merawat ikan hias adalah kegiatan yang menyenangkan. Bahkan dalam sebuah penelitian, memelihara ikan hias juga dipercaya mampu menurunkan stres hingga 80%.

Tak hanya jenis ikan hias air tawar saja, ikan hias air laut pun sangat diminati untuk dipelihara, terutama bagi mereka yang memiliki hobi dalam hal ini. Walaupun proses perawatannya terbilang lebih merepotkan ketimbang ikan hias air tawar, namun keindahan ikan hias air laut akan segera menggantikannya.

Jenis ikan hias air laut ini jauh lebih bervariasi ketimbang ikan hias air tawar. Tentu saja hal tersebut dikarenakan wilayah lautan yang lebih luas ketimbang wilayah perairan tawar. Di mulai dari ujung pantai hingga dasar samudera terdalam, ikan laut dengan jenis yang bervariasi bisa ditemukan.

Namun dari sekian banyak jenis ikan hias air laut yang tersebar di laut lepas, tidak semuanya dapat kita pelihara. Alasannya cukup banyak, namun salah satunya ialah karena proses perawatannya yang tergolong merepotkan sehingga tidak dapat dipelihara sembarangan.

Selagi masih terdapat berbagai jenis ikan hias air laut cantik yang perawatannya cukup mudah, kenapa tidak menjadi pilihan? Ikan—ikan hias air laut tercantik dengan proses perawatan yang terbilang mudah berikut ini bisa menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah.

1. Mandarin Fish

www.thinglink.com

www.thinglink.com

Mandarin Fish atau ikan Mandarin ini memiliki nama latin Synchiropus splendidus. Warna biru yang dominan dipadukan dengan corak beberapa warna cerah lainnya berhasil menjadikan ikan dikenal sebagai ikan hias paling cantik di dunia.

Tubuh Mandarin Fish tergolong mungil karena ukuran maksimalnya hanya 6 cm saja. Di punggungnya terdapat 2 buah sirip punggung yang semakin menghiasi tubuh mungilnya yang indah ini. Warna-warna yang tersusun unik di tubuhnya membentuk corak antara lain ialah oranye, kuning, hijau, dan juga biru.

Namun sayangnya, Mandarin Fish ini tidak begitu mudah dalam masalah pemeliharaannya. Karakternya yang mudah terserang stres karena tidak mudah beradaptasilah yang menjadi faktor utamanya. Untuk itu, dengan memperbanyak jumlah karang hidup pada akuarium akan membantu ikan ini beradaptasi.

2. Clown Fish

www.dialaflight.com

www.dialaflight.com

Clown Fish ini lebih dikenal dengan nama ikan badut atau ikan giru. Coraknya yang berbentuk garis serta anemon laut sebagai tempat persembunyiannya yang menjadi ciri khas dari Clown Fish ini. Terdapat sebanyak 28 spesies Clown Fish yang tersebar di lautan lepas.

Untuk pemeliharaannya, Clown Fish ini merupakan jenis ikan laut yang tergolong mudah untuk dipelihara. Hal tersebut dikarenakan Clown Fish memiliki karakter yang tenang atau tidak agresif. Cukup sediakan terumbu karang dan juga anemon laut, Clown Fish akan mudah beradaptasi.

3. Blue Tang

www.divegallery.com

www.divegallery.com

Blue Tang merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang paling diminati. Kepopulerannya menjadikan ikan ini telah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia. Tubuhnya cenderung bulat jika dari samping dan akan terlihat cukup pipih jika diperhatikan dari arah wajahnya.

Tubuh ikan hias Blue Tang ini diselimuti oleh warna biru tua dengan corak hitam dan kuning. Blue Tang adalah ikan yang aktif dan cukup agresif, terlebih lagi ketika bertemu dengan spesiesnya sendiri. Namun, walaupun begitu ikan ini tergolong mudah untuk dipelihara.

4. Yellow Tang

www.fishhelpers.com

www.fishhelpers.com

Masih kerabat dekat Blue Tang, jenis ikan laut yang satu ini dinamakan Yellow Tang. Berasal dari lautan Hawaii, Yellow Tang ini dapat hingga 20 cm di alam bebas. Di siang hari tubuhnya berwarna kuning cerah, namun ketika malam hari warnanya akan sedikit memudar dan berganti menjadi kecoklatan.

Karakternya juga tak berbeda jauh dengan kerabatnya, Blue Tang. Yellow Tang juga merupakan jenis ikan hias air laut yang cukup agresif dan tentunya aktif. Sedangkan untuk masalah pemeliharaan sekaligus perawatannya masih tergolong mudah.

5. Lion Fish

www.groupersandwich.com

www.groupersandwich.com

Lion Fish merupakan jenis ikan hias air laut yang sangat unik. Tubuhnya cenderung berbeda dari jenis-jenis ikan hias lainnya. Ukurannya pun terbilang cukup besar. Lion Fish hidup di sekitar terumbu-terumbu karang. Tak jarang pula mereka bersembunyi atau menyamarkan diri menjadi seperti terumbu karang.

Walaupun sebenarnya perawatan Lion Fish ini cukup mudah dilakukan, namun tetap diperlukan kehati-hatian ketika memeliharanya. Selain karena ikan ini termasuk ikan yang cukup agresif, terdapat beberapa titik bagian yang memiliki bisa sebagai pertahanannya.

Leave a Reply