Ikan Black Ghost, Si Hantu Cantik Penghias Akuarium

Mungkin masih banyak para penggemar ikan hias newbie yang belum mengenal ikan hias air tawar yang satu ini. Ikan hias black ghost namanya. Memang terdengar menyeramkan, tapi hal itu akan hilang begitu saja setelah mengenalnya lebih jauh.

Tubuhnya memang terlihat sedikit aneh, namun dengan keanehannya itu ternyata mampu menarik perhatian para penggemar ikan hias. Selain itu, tubuhnya yang aneh itu juga membuat ikan ini sangat cocok dipelihara di dalam akuarium.

Ikan hias black ghost ini berasal dari berbagai wilayah di Amerika Selatan seperti Ecuador, Columbia, Guyana, Suriname, French Guiana, Venezuela, Peru, Bolivia, Brazil, dan Paraguay. Namun seiring bertambahnya jumlah peminat, ikan ini semakin banyak tersebar ke berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Nama Lain Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost (Apteronotus Albifrons)

superformal24.rssing.com

Ikan hias black ghost ini bernama latin Apteronotus Albifrons. Selain dikenal dengan istilah black ghost, ikan ini juga dikenal dengan sebutan-sebutan lain. Selain itu, banyak pula julukan yang diberikan kepada ikan hias black ghost ini karena keunikan-keunikan yang dimilikinya.

Ikan black ghost ini dikenal dengan sebutan “setan hitam”. Disebut setan karena ikan black ghost ini memiliki sirip bawah yang terlihat layaknya kain yang tertiup angin, sedangkan disebut setan karena memang hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam kusam, warna putih hanya terlihat sedikit melilit di bagian ekornya.

Selain itu, ikan black ghost ini memang memiliki hobi keluar malam atau biasa disebut nokturnal. Persis seperti hantu berwarna hitam di malam hari. Di siang harinya, ikan ini cenderung lebih memilih bersembunyi di tempat-tempat gelap ketimbang berkeliaran menampakkan keunikan tubuhnya.

Ikan black ghost ini juga dikenal dengan sebutan knife fish. Wajar saja, jika diperhatikan ikan black ghost ini memang terlihat seperti sebuah pisau berwarna hitam dengan ujung pisau di ekornya.

Ikan black ghost dijuluki sebagai “si penari balet”. Dengan kemampuan berenang maju dan mundur, ditambah lagi dengan kelenturannya ketika dia melakukan aksi jungkir balik, ikan ini memang sangat terlihat mirip dengan para penari balet profesional.

Ada pula orang-orang yang menjulukinya “si bulu ayam”. Itu karena ketika ikan ini berenang membentuk sudut 90 derajat, tubuhnya akan terlihat sangat mirip dengan bulu ayam cemani yang berwarna hitam.

Ciri-Ciri dan Keunikan Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost Mempunyai Tubuh yang Unik

www.aquamir63.ru

Ikan black ghost mempunyai postur tubuh yang begitu unik dan sangat berbeda dengan kebanyakan ikan. Sirip bawahnya memanjang dengan tulang sirip yang halus dan bisa menyatu dengan tubuhnya. Selain itu, sirip bawahnya juga selalu berkibar-kibar dan terlihat layaknya kain halus yang tertiup angin.

Ikan ini tidak memiliki banyak varietas seperti goldfish. Pilihan warnanya hanya hitam pekat atau sedikit kusam dengan ekor yang dililit dengan warna putih.

Dalam beberapa kasus, ikan ini juga ditemukan dengan versi albino. Namun mau bagaimanapun, albino sebenarnya adalah kecacatan pigmen. Jika biasanya hewan albino terlihat lebih cantik, ikan black ghost tidak begitu. Warnanya justru terlihat merah pucat bercampur dengan warna hitam yang tipis.

Keunikan lain yang dimiliki ikan black ghost ini adalah ekornya. Ekornya begitu mungil dan berbentuk seperti cacing. Oleh karena itu, tak jarang ada ikan lain yang memakan ekor ikan black ghost ini.

Namun jangan khawatir, di sinilah letak keunikan black ghost. Ekor ikan black ghost ini memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan kemampuan yang dimiliki ekor cicak. Jika ekor tersebut putus atau dimangsa ikan lain, dalam beberapa waktu ekornya akan kembali tumbuh.

Makanan dan Cara Merawat Ikan Black Ghost

Makanan Ikan Black Ghost - Cacing Sutera

akvaryumcuk.blogspot.com

Memelihara dan merawat ikan black ghost ini memang tak sesulit memelihara kucing dan tidak semudah memelihara reptil pula. Cara merawatnya cukup sederhana dan mungkin bisa dilakukan oleh hampir semua orang.

Untuk pemberian makanan ikan black ghost, ikan black ghost ini cukup diberikan makan 2 kali setiap harinya. Cukup diberi makanan ketika pagi hari dan di sore harinya.

Ada dua pilihan makanan yang cocok untuk diberikan kepada ikan black ghost ini. Yang pertama adalah pakan hidup, dan yang kedua adalah pakan tak hidup. Pakan hidup yang cocok adalah cacing-cacing kecil yang sekiranya cukup di dalam rongga mulut ikan black ghost yang mungil. Contohnya adalah cacing darah (blood worm) dan cacing sutera. Sedangkan pakan tak hidup yang cocok adalah pelet ikan yang berukuran kecil.

Selain pemberian makanan, hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ikan black ghost adalah kondisi air akuarium. Tingkat keasaman air yang cocok untuk ikan black ghost tentunya yang bersifat netral (tidak asam dan tidak basa), yaitu yang memiliki pH 7.

Ikan black ghost ini bukan ikan yang terlalu manja dengan kejernihan air. Air akuarium cukup dikuras setiap kurang lebih 5 hari sekali. Air yang digunakan adalah air yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Jika menggunakan air tanah atau air sumur, cukup diendapkan selama 24 jam. Namun jika menggunakan air PAM, air harus diendapkan sekitar 3 hari terlebih dahulu sebelum digunakan.

Walaupun memang tak manja dengan kejernihan air, air yang kotor tentunya bisa memberikan dampak negatif juga. Jika kondisi air terlalu kotor, warna kehitaman ikan black ghost akan terlihat memudar atau terlihat seperti bulukan. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk selalu memperhatikan kondisi air akuarium yang ditempati oleh ikan black ghost ini.

Baca Juga : Nutrisi Hidroponik

***

Seperti itulah kira-kira perkenalan kita dengan ikan hias black ghost ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga : 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik dan Paling Diminati

Leave a Reply