Ikan Aligator, Ikan Hias Purba Berwujud Buaya yang Akan Memperindah Tampilan Akuarium Anda

Ikan Aligator – Ikan Aligator Gar merupakan spesies yang tergolong ordo pisces (ikan-ikanan) dengan moncongnya yang berbentuk panjang ke depan layaknya seekor buaya. Wajar saja, karena moncongnya itulah ikan ini sering dikenal sebagai ikan buaya.

Ikan Aligator Gar atau ikan buaya ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa, tergantung pada varietasnya. Bahkan, saking besar ukurannya menjadikan ikan ini sebagai salah satu jenis ikan hias sekaligus ikan predator terbesar di dunia.

Walaupun berkarakter ganas dan mampu tumbuh hingga mencapai ukuran yang amat luar biasa, ternyata tidak menjadikan ikan asal benua Amerika ini hidup tanpa penggemar. Justru, ikan aligator ini terkenal sebagai ikan hias cantik yang telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pada dasarnya, ikan Aligator Gar ini termasuk salah satu spesies ikan purba yang masih hidup hingga saat ini. Ikan Aligator Gar telah meninggali dunia ini sejak lebih dari 100 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, ikan ini juga sering dijuluki sebagai “ikan primitif” atau “fosil hidup”.

Jenis-Jenis Ikan Aligator

Ikan Aligator Longnose Gar

Ikan Aligator Longnose Gar

thebrackishtank.tumblr.com

Ikan Aligator Longnose Gar (Lepisosteus osseus) ini merupakan jenis ikan Aligator Gar yang berasal dari benua Amerika, terutama Amerika Utara dan Amerika Tengah. Ikan ini banyak ditemukan di New Mexico, Kansas, Texas, dan daerah-daerah Amerika lainnya.

Dinamakan Longnose Gar dikarenakan ikan Aligator Gar jenis ini memiliki bentuk moncong yang cukup panjang, sehingga diberi nama “Longnose” yang berarti “hidung yang panjang”. Selain itu, banyak pula orang yang mengenal ikan ini dengan nama Needlenose Gar yang artinya “hidung jarum”.

Di Amerika, banyak pemancing yang sengaja mengincar ikan Aligator Gar jenis ini sebagai sasaran pancingnya. Bahkan dulunya, Longnose Gar sempat populer dihidangkan sebagai makanan. Sedangkan di Indonesia, ikan ini ada sebagai penghias akuarium dan kolam.

Kebanyakan ikan Aligator jenis Longnose Gar ini dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, namun pernah ditemukan pula yang dapat hidup hingga mencapai 39 tahun. Ukuran tubuhnya dapat tumbuh hingga mecapai 1,5 meter dengan berat 25 kg.

Ikan Aligator Shortnose Gar

Ikan Aligator Shortnose Gar

en.wikipedia.org

Berbeda dengan halnya ikan Aligator Longnose Gar, ikan Aligator Shortnose Gar (Lepisosteus platostomus) ini memiliki moncong yang lebih pendek ketimbang Longnose Gar. Hal itupun yang menginspirasi penamaannya yakni Shortnose Gar yang berarti “hidung yang pendek”.

Ikan Aligator jenis Shortnose Gar ini banyak ditemukan di beberapa negara benua Amerika. Mereka dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 meter. Tak hanya memakan serangga, ikan ini juga memakan jenis-jenis ikan lainnya.

Ikan Aligator Spotted Gar

Ikan Aligator Spotted Gar

en.wikipedia.org

Ikan Alligator Spotted Gar (Lepisosteus oculatus) ini termasuk salah satu jenis ikan Aligator yang cukup sulit ditemukan, baik di alam liar maupun di pasaran. Pasalnya, populasi ikan aligator jenis ini sudah semakin menipis jumlahnya, walaupun belum mencapai level terancam punah.

Rata-rata, ikan Aligator Spotted Gar dapat hidup hingga ia berumur 18 tahun. Alat reproduksi betinanya akan mulai aktif ketika mencapai umur 3 atau 4 tahun dan matang pada umur 6 tahun, sedangkan pejantannya ketika berumur 2 atau 3 tahun.

Ikan Aligator jenis Spotted Gar ini juga dapat tumbuh hingga mencapai ukuran yang amat besar. Tapi biasanya, ukuran betinanya akan lebih besar dibanding pejantannya. Selain itu, sering kali betinanya mampu hidup lebih lama ketimbang pejantannya.

Ikan Aligator Florida Gar

Ikan Aligator Florida Gar

www.monsterfishkeepers.com

Bisa dikatakan ikan Aligator Florida Gar (Lepisosteus platyrhincus) merupakan kembaran dari ikan Aligator Spotted Gar, karena memang kedua jenis ikan Aligator ini sangatlah mirip dan sulit dibedakan. Hanya saja, ikan Aligator Florida Gar ini masih banyak dijumpai di pasaran.

Bagian atas tubuhnya sampai ujung kepalanya dilapisi dengan corak berbentuk bintik-bintik hitam yang unik dengan warna dasar kecokelatan. Sedangkan untuk bagian bawah tubuhnya berwarna putih kekuning-kuningan.

Ketika dewasa, ikan Aligator jenis Florida Gar ini dapat tumbuh besar hingga mampu mencapai panjang kira-kira 1,3 meter. Dengan panjang seperti itu, berat tubuh yang dimilikinya dapat menembus angka 4,36 kg.

Ikan Alligator Gar

Ikan Alligator Gar

www.goodfreephotos.com

Dari berbagai macam jenis ikan Aligator yang ada, ikan Alligator Gar (Atractosteus spatula) lah yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Ikan Aligator jenis ini mampu tumbuh hingga berukuran 3 meter dengan berat tubuh seberat 140 kg.

Peminat ikan Aligator jenis ini tergolong banyak, karenanya ikan ini cukup banyak beredar di pasaran. Namun, salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memelihara ini adalah tempat yang memadai karena ikan ini adalah jenis ikan raksasa.

Ikan Aligator Tropical Gar

Ikan Aligator Tropical Gar

www.aquaticcommunity.com

Tropical Gar (Atractosteus tropicus) merupakan jenis ikan Aligator yang berasal dari Amerika, tepatnya di Meksiko. Jika dilihat sekilah, tubuhnya ini terlihat seperti ikan Aligator jenis Longnose Gar, hanya saja ikan Aligator Tropical Gar ini memiliki moncong yang lebih pendek.

Di alam liar, ikan Aligator Tropical Gar ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1,25 meter. Namun ketika berada di penangkaran, ikan ini sering kali tidak mencapai ukuran tersebut. Dalam kata lain, ketika ikan ini dipelihara ukurannya bisa dibilang cenderung lebih kecil.

Ikan Aligator Cuban Gar

Ikan Aligator Cuban Gar

fishlaboratory.com

Ikan Aligator jenis Cuban Gar (Atractosteus tristoechus) merupakan jenis ikan Aligator yang ditemukan di Kuba. Karena tempat asalnya itulah ikan Aligator jenis ini dinamakan Cuban Gar. Sayang, ikan Aligator Cuban Gar ini tergolong terancam punah.

Cuban Gar dapat tumbuh sangat besar hingga mencapai panjang 2 meter. Ikan ini termasuk jenis ikan yang ganas, terlebih lagi ketika mereka lapar. Di habitat aslinya, ikan ini hidup dengan memangsa berbagai jenis ikan-ikanan dan juga burung.

Jenis Ikan Aligator Dengan Kelainan Genetik, Namun Menjadikannya Nampak Lebih Cantik

Ikan Aligator Xanthic Gar (The Gold Gar)

Ikan Aligator Xanthic Gar (The Gold Gar)

http://www.crappie.com/

Xanthic Gar atau yang dikenal sebagai The Gold Gar (Lepisosteus platyrhincus) ini merupakan salah satu jenis ikan Aligator yang memiliki kelainan genetik. Karena kelebihan pigmen berwarna kuning, seluruh tubuh ikan ini diselimuti oleh kuning cerah keemasan sehingga dinamakan The Gold Gar.

Karena kasus kelainan genetik seperti ini sangat jarang terjadi, Xanthic Gar tergolong jenis ikan Aligator yang cukup langka dan sulit didapatkan. Kalaupun ada, harga yang ditawarkan sangat tinggi. Bahkan Xanthic Gar merupakan jenis ikan Aligator termahal.

Ikan Aligator Leucistic Gar (Platinum Gar dan Snow White Gar)

Ikan Aligator Leucistic Gar (Platinum Gar dan Snow White Gar)

kenjo2014.wordpress.com

Leucistic Gar ini merupakan jenis ikan Aligator yang mengalami kecacatan genetik karena hanya memiliki 2 pigmen saja, yakni hitam dan putih. Hal tersebut berbeda dengan albino yang sama sekali tidak memiliki pigmen.

Leucistic Gar ini bisa dibagi menjadi 2 varietas lagi, yakni Snow White Gar dan Platinum Gar. Snow White Gar adalah jenis Leucistic Gar yang masih memiliki corak atau bintik-bintik hitam di tubuhnya, sedangkan Platinum Gar merupakan jenis Leucistic Gar yang tubuhnya benar-benar berwarna putih mengkilap.

Sama seperti The Gold Gar, Leucistic Gar ini juga mengalami kelainan genetik yang jarang terjadi. Karena itu, harganya pun terbilang sangat mahal. Untuk mendapatkan anakannya saja yang masih berukuran antara 10 sampai 20 cm, harganya bisa berkisar dari 10 hingga 50 juta rupiah, tergantung jenis dan kondisi fisiknya.

Ikan Aligator Melanistic Gar (The Black Gar)

www.monsterfishkeepers.com

www.monsterfishkeepers.com

Melanistic Gar merupakan jenis ikan Aligator dengan kelainan genetik yakni hanya memiliki pigmen berwarna hitam saja. Karena itu, tubuh ikan Melanistic Gar ini berwarna hitam legam. Kelainannya tersebut justru menjadikan ikan ini tampil begitu cantik.

Namun hal yang perlu diwaspadai adalah banyak pula penjual-penjual yang nakal. Mereka mengaku menjual Melanistic Gar, padahal yang mereka jual adalah ikan Aligator yang buta karena ikan Aligator yang buta pun berpotensi berubah warna menjadi kehitaman.

Ikan Aligator Albino (Albino Gar)

Ikan Aligator Albino (Albino Gar)

www.monsterfishkeepers.com

Seperti yang telah disinggung tadi, Albino Gar ini berbeda dengan Leucistic Gar. Hal tersebut dikarenakan kelainan genetik yang dialami jenis Albino Gar ini adalah benar-benar tidak memiliki pigmen. Perbedaannya akan nampak jelas pada matanya karena Albino Gar memiliki mata berwarna merah.

Leave a Reply