Mengenal 5 Jenis Hiu Terbesar di Kedalaman Samudera

Berbicara soal pemangsa terganas sekaligus terbesar di lautan, tentu ikan hiu yang akan menjadi jawabannya. Hal tersebut dikarenakan ikan hiu sering kali dikenal memiliki tubuh yang besar, gigi yang tajam, serta berkarakter ganas.

Ikan hiu merupakan jenis ikan yang terdiri dari kerangka tubuh tulang rawan. Kebanyakan dari spesies hiu bernafas menggunakan 5 buah lubang insang, namun beberapa spesies bernafas menggunakan 6 atau bahkan 7 lubang insang.

Spesies ikan hiu sangatlah banyak, walaupun di antaranya sudah banyak pula yang mengalami kepunahan. Mayoritas spesies ikan hiu memiliki tubuh yang besar dan ganas. Namun hal tersebut tidaklah mutlak karena banyak pula ikan hiu yang berukuran kecil ataupun berkarakter tenang.

Penasaran apa saja jenis hiu paling besar yang berada di luasnya kedalaman samudera? Berikut ini beberapa jenis ikan hiu terbesar di dunia.

Hiu Megalodon

www.taringa.net

www.taringa.net

Sebenarnya, ikan hiu Megalodon ini sudah mengalami kepunahan. Dengan kata lain, ikan hiu jenis ini sudah tak dapat lagi kita jumpai. Hiu Megalodon hidup pada zaman miosin tengah hingga pliosin akhir. Zaman tersebut kira-kira berada pada 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu.

Arti dari Megalodon sendiri ialah “Gigi yang besar”. Megalodon merupakan kerabat dekat dengan hiu putih yang hidup pada saat ini. Tubuhnya dapat mencapai panjang 15 sampai 20 meter yang berarti lebih besar dari seekor paus bongkok. Sedangkan beratnya dapat mencapai 100 ton.

Hiu Paus (Whale Shark)

www.fundosanimais.com

www.fundosanimais.com

Hiu Paus merupakan jenis hiu terbesar yang hidup saat ini, bahkan merukan jenis ikan terbesar di dunia. Walaupun begitu, hiu paus ini termasuk ikan hiu yang tenang dan aman didekati karena spesies hiu yang satu ini hanya memakan plankton sebagai asupan nutrisi sehari-harinya.

Hiu paus tersebar di lautan tropis yang memiliki iklam hangat. Mereka dapat hidup hingga mencapai usia sekitar 70 tahun. Hiu paus kebanyakan memiliki panjang tubuh sekitar 9,7 meter dengan berat 9 ton, namun dari beberapa sumber dikatakan ikan ini mampu mencapai panjang 18 meter dengan berat 45 ton.

Hiu Basking

kids.nationalgeographic.com

kids.nationalgeographic.com

Jenis ikan hiu terbesar di dunia selanjutnya adalah hiu Basking. Ikan hiu Basking ini dikenal juga dengan nama hiu penjemur karena sering berada di permukaan laut. Selain dikenal sebagai hiu penjemur, hiu basking juga memiliki nama latin Cetorhinus maximus.

Yang menjadi keunikan dari hiu Basking ini adalah caranya ketika makan. Hiu basking merupakan filter feeder, maksudnya mereka akan menyaring makanannya yakni plankton dengan cara membuka mulutnya lebar-lebar serta meregangkan insangnya.

Panjang tubuhnya dapat mencapai 40,3 ft atau setara dengan 12,27 meter, sedangkan beratnya dikatakan mampu mencapai 19 ton. Karena hanya memakan plankton, hiu basking juga merupakan jenis hiu yang tidak berbahaya, bahkan gerakannya pun terbilang lambat.

Hiu Putih (Great White Shark)

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Hiu putih merupakan jenis ikan hiu yang paling banyak dikenali. Selain karena termasuk salah satu jenis hiu terbesar di dunia, hiu putih juga merupakan salah satu predator terbesar sekaligus terganas yang ada di lautan. Karakternya pun terbilang sangat agresif.

Hiu putih dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai 6 meter atau sekitar 20 kaki. Sedangan bobot tubuhnya mampu mencapai 2 ton yang setara dengan 5000 lb. Kebanyakan ikan hiu jenis ini dapat hidup hingga usianya mencapai 30 tahunan.

Hiu Macan (Tiger Shark)

www.epicdiving.com

www.epicdiving.com

Hiu Macan ini memiliki beberapa nama panggilan, di antaranya Hiu Macan, Hiu Harimau, dan Tiger Shark. Hiu Macan merupakan satu-satunya anggota dari genus Galeocerdo. Mereka banyak tersebar di perairan yang beriklim tropis karena memiliki suhu yang hangat.

Sama halnya seperti jenis hiu putih, hiu macan juga termasuk jenis hiu yang ganas dan agresif. Hiu macan termasuk predator yang paling berbahaya. Panjang tubuhnya dapat mencapai 4,25 meter dengan berat tubuh sekitar 385 kg hingga 635 kg.

Leave a Reply