Inilah Harga Jenis-Jenis Ikan Louhan Termahal di Dunia

Di sekitar tahun 2000-an, ikan Louhan sempat menjadi trend dan memasuki masa-masa kejayaannya. Tak hanya diminati para penggemar ikan hias, banyak pula orang-orang berdompet tebal yang tertarik dengan keunikan yang dimiliki oleh ikan hias yang satu ini.

Berkat masa kejayaannya tersebut, ikan Louhan yang tadinya berasal dari Malaysia dan Taiwan ini bisa merantau ke seluruh penjuru dunia untuk memperlihatkan kecantikan tubuhnya.

Bagian depan kepalanya yang jenong itu merupakan salah satu alasan mengapa ikan Louhan ini sangat digemari. Selain itu, perpaduan warna sisiknya yang unik dan menarik juga semakin memikat hati para penggemar ikan hias.

Sebenarnya, ikan Louhan ini bukanlah jenis ikan hias murni. Ikan Louhan ini merupakan hasil perkawinan silang dari ikan-ikan Cichlid asal Amerika. Karena itulah, ikan Louhan memiliki banyak kemiripan dengan jenis-jenis ikan Cichlid.

Dari perkawinan silang tersebut, jenis ikan Louhan menjadi semakin bervariasi. Setiap varietas atau jenis ikan Louhan yang ada merupakan hasil dari perkawinan silang yang berbeda. Warna motif yang berada di tubuhnya itupun sangat bervariasi.

Harga ikan Louhan ini sangat bervariasi. Biasanya ikan Louhan ini dihargai di angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun harga tersebut sangat bergantung pada jenis dan kualitas ikan Louhan itu sendiri. Berikut ini adalah 7 jenis ikan Louhan termahal yang ada di dunia.

1. Jenis Ikan Louhan Golden Red

Jenis Ikan Louhan Golden Red

griya-louhan.blogspot.com

Ikan Louhan jenis Golden Red merupakan ikan Louhan termahal di dunia. Ikan Louhan jenis ini dikenal juga dengan sebutan Louhan Golden Trimaculatus. Ikan Louhan Golden Red ini berasal dari Thailand. Namun untuk saat ini, keberadaan ikan hias yang satu ini sudah menyebar, termasuk di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, warna sisik ikan Louhan jenis Golden Red merupakan perpaduan antara merah dengan kuning. Namun ketika masih berupa anakan, perpaduan warna sisik tersebut belum begitu terlihat sehingga terlihat mirip seperti Louhan Zenzhu.

Sisik ikan Louhan jenis Golden Red ini akan mengalami mutasi. Hal itu dikarenakan agar ikan ini mendapatkan perpaduan warna yang pas dan indah. Proses mutasi tersebut harus melalui beberapa tahapan.

Pertama, sisik yang tadinya berwarna seperti ikan Louhan pada umumnya akan berubah menjadi hitam arang. Setelah itu, barulah warna hitam arang ini berubah lagi menjadi warna asli ikan Louhan jenis ini, yaitu perpaduan antara warna merah dan kuning.

Soal harga, ikan Louhan jenis Golden Red ini bisa dibilang sangat mahal, bahkan setelah melewati masa kejayaan ikan Louhan sekali pun. Harga termahal yang pernah diberikan kepada ikan Louhan jenis Golden Red ini sebesar 900 juta rupiah. Bukan harga yang wajar untuk seekor ikan.

Baca juga : Ikan Black Ghost, Si Hantu Cantik Penghias Akuarium

Jenis Ikan Louhan Kamfa

Jenis Ikan Louhan Kamfa

http://cara.pro

Ikan Louhan Kamfa biasa disebut juga dengan sebutan Louhan Golden Flower. Walaupun masa kejayaan ikan Louhan sudah berakhir, namun ikan Louhan jenis Kamfa ini masih sangat diminati oleh para penggemar Louhan.

Ikan Louhan Kamfa ini memiliki ciri khas tersendiri. Siripnya cenderung lebih lebar dan lebih kaku ketimbang dengan jenis Louhan lainnya. Selain itu, ikan hias Louhan jenis ini tidak memiliki marking di bagian badan atau kepalanya. Kalaupun ada ikan Louhan jenis Kamfa yang memiliki marking, kemungkinan besar ikan Louhan tersebut merupakan hasil dari perkawinan silang dengan jenis ikan Louhan lainnya.

Harga ikan Louhan Kamfa atau Golden Flower ini juga masih bisa dibilang sangat mahal. Untuk seekor ikan Louhan jenis Kamfa dewasa, harga yang ditawarkan bisa mencapai 200 juta rupiah.

Baca juga : 5 Jenis Ikan Koki Tercantik Inilah yang Paling Dicari Penggemarnya

Jenis Ikan Louhan Zenzhu atau Cencu

Jenis Ikan Louhan Zenzhu - Cencu

bebeja.com

Ikan Louhan Zenzhu atau Louhan Cencu ini dikenal juga dengan nama Louhan Mutiara. Ciri khas ikan Louhan Zenzhu ini adalah corak bintik-bintik kecil seperti mutiara yang ditebar di seluruh tubuhnya. Saat ini, Ikan Louhan Zenzhu dibagi menjadi dua macam, yaitu klasik dan modern.

Harga ikan Louhan Zenzhu ini jauh lebih murah ketimbang ikan Louhan Golden Red dan Louhan Kamfa, namun untuk ukuran seekor ikan hias ikan Louhan jenis ini masih dibilang cukup mahal. Harganya tersebut sangat bergantung pada kualitas. Untuk ikan Louhan Zenzhu dewasa, harganya ditawarkan di kisaran angka 40.000 hingga 1.250.000 rupiah.

Baca juga : Inilah Harga Jenis-Jenis Ikan Discus Termahal dan Tercantik di Dunia

Jenis Ikan Louhan Rainbow King

Jenis Ikan Louhan Rainbow King

vili177.snimka.bg

Ciri khas ikan Louhan Rainbow King ini markingnya yang beralur horizontal dan tak seperti ikan Louhan jenis lain. Dengan perpaduan warna merah dan kuning, dan ada pula yang berwarna biru, ikan Louhan jenis Rainbow King ini terlihat sangat indah.

Dengan berbagai kecantikan dan keunikan tersendiri, wajar saja jika ikan Louhan Rainbow King menguasai kontes kecantikan Louhan internasional.

Ikan Louhan Rainbow King ini juga masih dihargai dengan harga tinggi. Untuk anakan yang sudah memiliki marking di sisiknya saja, harga bisa mencapai 1.000.000 rupiah per ekor, bahkan lebih.

Baca juga : Harga 7 Jenis Ikan Guppy Tercantik yang Akan Mempercantik Akuarium Kamu

Ikan Louhan Super Red Texas

Jenis Ikan Louhan Super Red Texas

f15louhan.blogspot.com

Berasal dari negara Thailand, Ikan Louhan Super Red Texas ini berhasil menjadi salah satu jenis ikan Louhan yang paling diminati penggemarnya. Ikan Louhan jenis Super Red Texas ini merupakan hasil perkawinan silang antara ikan Louhan jenis Red dengan ikan Louhan Texas Chiclid berwarna abu-abu. Itulah sebabnya ikan Louhan ini diselipkan nama “Texas” walaupun ikan ini berasal dari Thailand.

Harga ikan Louhan Super Red Texas ini juga masih bisa dibilang mahal. Untuk yang berukuran 2 inci saja, harganya dapat mencapai hingga 500 ribu rupiah per ekornya.

Baca juga : Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal Sekaligus Tercantik di Dunia

***

Selain kelima ikan Louhan tadi, jenis ikan Louhan masih sangatlah banyak. Tentu saja, hal itu dikarenakan ikan Louhan ini sering dikawin silangkan dengan jenis-jenis Louhan atau Cichlid lainnya. Varietas-varietas yang dihasilkan pun tak kalah cantik dengan kelima jenis Louhan termahal di atas.

Demikian lah artikel tentang jenis-jenis ikan Louhan termahal di dunia.

Leave a Reply