Potret Fenomena Alam Unik di Dunia, Mulai dari yang Menegangkan Hingga yang Mengagumkan

Dunia ini memang masih menyimpan jutaan misteri. Keterbatasan ilmu yang dimiliki manusia kadang kala tak cukup untuk memahami kejadian-kejadian unik di dunia ini. Mungkin adalah salah satu cara Tuhan menunjukkan keangungannya kepada kita sebagai makhluk-Nya.

Salah satu misteri-misteri yang kerap terjadi di dunia ini ialah fenomena alam. Sekilas, mungkin fenomena alam sering terjadi. Namun, banyak pula fenomena-fenomena alam yang tergolong unik dan jarang terjadi.

Banyak di antaranya yang termasuk fenomena alam yang tak sejalan dengan pikiran manusia. Namun, perlahan tapi pasti, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai mulai sanggup menjelaskan fenomena-fenomena alam unik tersebut.

Penasaran dengan fenomena-fenomena alam unik yang pernah terjadi di dunia ini? Berikut ini merupakan beberapa contoh kasus fenomena-fenomena alam aneh dan tentunya unik yang pernah terjadi di dunia ini.

1. Underwater Rivers

www.patrasevents.gr

www.patrasevents.gr

Di perairan Mexico, tepatnya di Cenote Angelita, terdapat sebuah fenomena alam yang sangat unik dan sulit dipahami logika manusia. Di sana terdapat sebuah sungai yang mengalir di dasar lautnya. Fenomena tersebut dipercaya terjadi karena terdapat air yang bercampur dengan hidrogen sulfur dan zat-zat lainnya.

Yang menjadi keunikannya, fenomena Underwater Rivers tersebut seolah-olah memiliki pembatas. Walaupun air lautnya tetap berasa asin, namun air yang terdapat di bawahnya termasuk jenis air tawar layaknya air sungai pada umumnya. Kedua air tersebut tidak bisa bercampur.

2. Waterspouts

meteolive.leonardo.it

meteolive.leonardo.it

Waterspouts juga merupakan fenomena alam yang terjadi di lautan. Waterspouts sebenarnya adalah angin tornado, hanya saja karena letaknya yang berada di tengah lautan, air laut pun ikut terbawa oleh putaran angin raksasa tersebut.

Sering kali tornado yang terbentuk tak hanya membentuk satu Waterspouts saja, terkadang jumlahnya dua atau lebih dalam satu waktu. Selain jumlahnya yang banyak dan ukurannya yang raksasa, kecepatannya pun mencapai 350 km/jam.

Jika seandainya fenomena Waterspouts ini terjadi di daratan, apalagi di tengah perkotaan, fenomena ini tentu akan menelan banyak sekali korban jiwa dan menghantam berbagai bangunan yang ada. Selain itu, fenomena ini juga mampu mengakibatkan tsunami.

3. The Gateway Hell

www.fotocommunity.de

www.fotocommunity.de

The Gateway Hell merupakan fenomena alam unik yang tergolong mengerikan. Dari namanya saja, The Gateway Hell jika diartikan berarti pintu gerbang neraka. Dinamakan demikian karena fenomena ini memang terlihat layaknya gerbang menuju neraka.

Fenomena ini terjadi karena keluarnya gas alam dari celah bebatuan yang terdapat di bawah tanah. Gas alam tersebut memancing sambaran petir atau percikan api lainnya yang kemudian akan menjadi kobaran api yang terus membara.

Fenomena ini diketahui terjadi di salah satu daerah di negara Turkmenistan. Selain di negara Turkmenistan, fenomena serupa dengan ini pun juga ditemukan di Azerbaijan, tepatnya daerah Gunung Yanar Dag.

4. The Everlasting Storm

www.nationalgeographic.nl

www.nationalgeographic.nl

Fenomena alam The Everlasting Storm dikenal juga dengan nama Petir Abadi. Dinamakan seperti itu karena karena petir ini telah terjadi lebih dari 280 kali per jam, 10 jam per hari, dan 160 hari per tahunnya. Karena itu fenomena ini merupakan fenomena alam unik yang amat mengerikan.

Fenomena alam ini terjadi di Venejuela. Petir ini selalu menyala bahkan di kala cuaca sedang cerah dan tidak ada tanda-tanda turunnya hujan. Di malam hari, petir-petir ini akan terlihat begitu jelas dan tentunya menyeramkan. Walaupun hal ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi penduduk di sana.

5. Bioluminescence

pemikatrindu.blogspot.com

pemikatrindu.blogspot.com

Beralih dari fenomena alam unik yang mengerikan, kini beralih ke fenomena alam yang begitu indah. Fenomena Bioluminescence merupakan fenomena pantai yang bercahaya biru cerah. Cahaya tersebut muncul karena organisme seperti bakteri yang terdapat di pantai tersebut.

Fenomena alam unik nan indah ini terjadi di sebuah pulai yang tak berpenghuni. Pulau tak berpenghuni tersebut dikenal dengan nama pulau Vaadho. Keindahan pantai bercahaya biru di pulau Vaadho tersebut akan muncul di malam hari.

***

Itulah beberapa fenomena-fenomena alam unik yang terjadi di dunia ini. Dengan begitu, seharusnya kita sadar betapa agungnya kekuasaan Sang Ilahi yang telah menciptakan dunia ini dengan penuh misteri. Sekian, semoga bermanfaat.

Kunjungi Pula : Cara Menghilangkan Bekas Luka

Leave a Reply