Begini Cara Merawat dan Memelihara Sugar Glider yang Tepat

Cara Merawat dan Memelihara Sugar Glider – Sugar Glider merupakan hewan peliharaan asal Papua yang seiring berjalannya waktu, peminatnya pun kian bertambah. Baik dari kalangan pemula hingga profesional, hewan ini tetap menjadi pilihan mereka.

Namun terkadang, para pemula biasanya memiliki kendala tentang masalah perawatan dan cara memeliharanya. Tentu saja, hal itu dikarenakan kurang pengalaman serta pemahaman yang cukup untuk memelihara hewan yang satu ini.

www.pinterest.com

www.pinterest.com

Pengetahuan tentang cara merawat dan memelihara sugar glider ini tentu sangat penting bagi mereka yang ingin memeliharanya. Jika ilmu atau pengetahuan yang dimiliki kurang, perawatan akan kurang maksimal dan akan membahayakan sugar glider yang dipelihara.

Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan sedikit membahas tentang cara merawat serta memelihara sugar glider dengan cara yang tepat. Tak perlu terlalu mendalam, yang terpenting sudah bisa menggambarkan pemahaman bagi para pemelihara sugar glider pemula.

Seperti apa caranya? Berikut pembahasannya.

Perhatikan Masalah Kandang

Untuk satu ekor sugar glider, berikan kandang dengan ukuran minimal panjang x tinggi x lebar yaitu 60 x 40 x 40 cm. Namun, alangkah baiknya jika kandang yang diberikan semakin luas dan lebar agar sugar glider bisa beraktifitas dengan maksimal.

Semakin luas kandang yang diberikan akan semakin baik. Hal itu dikarenakan sugar glider bukanlah karakter hewan pendiam. Mereka cenderung lebih senang beraktifitas melompat dari pohon ke pohon lainnya, serta memainkan sayapnya yang berfungsi seperti layangan.

Posisi kandang juga tak boleh diabaikan. Jangan letakkan kandang langsung terkena cahaya matahari dan mendapat supply udara yang cukup. Cahaya matahari yang berlebihan akan mempengaruhi pengelihatannya, sedangkan udara tentu penting untuk pernafasannya.

Persiapan kandang sudah selesai. Seiring berjalannya waktu, kebersihan kandang hukumnya wajib untuk selalu diperhatikan. Hal itu demi menjaga kesehatan, baik untuk sugar glider maupun sang majikan. Jangan lupa untuk meletakkan tempat makan dan minum di dalam kandang.

Menjinakkan dan Mengenalkannya dengan Sang Majikan

Sugar glider bukanlah hewan yang terlahir sebagai hewan peliharaan. Sebenarnya mereka merupakan hewan yang hidup di alam liar tanpa campur tangan manusia. Hanya saja, dikarenakan banyaknya peminat, akhirnya hewan ini mulai dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Namanya juga hewan liar, tentu saja diperlukan proses penjinakan. Karakternya sebagai hewan liar harus perlahan diadaptasikan menjadi karakter hewan peliharaan yang mampu berbaur dengan kehidupan manusia secara langsung.

Lalu bagaimana cara untuk menjinakannya? Caranya tidak begitu rumit, bahkan bisa dibilang mudah. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah membiarkannya beradaptasi dengan lingkungan kandangnya selama 2 hari.

Usahakan jangan sering kali melakukan interaksi dengan sugar glider ketika berada di tahap ini. Disarankan juga untuk menyimpan pakaian kotor kita di dekat kandang sugar glider. Hal tersebut dilakukan agar sugar glider bisa mengenal sekaligus beradaptasi dengan bau tubuh kita.

Setelah membiarkannya beradaptasi, mulailah berinteraksi dengannya. Misalnya memberinya makan secara langsung dengan tangan. Namun proses ini diperlukan kehati-hatian. Sugar glider mungkin masih menganggap kita sebagai ancamannya.

Lakukan interaksi secara bertahap. Mulai dari sesekali, semakin sering, semakin sering lagi, hingga akhirnya sugar glider peliharaan kita sudah akrab dan menjadi jinak kepada sang majikan.

Jangan Lupa Memberi Makanan

Perawatan serta pemeliharaan tentu takkan pernah luput dari yang namanya memberi makan hewan peliharaan. Sudah sepantasnya hewan peliharaan diberi makan secara rutin dan teratur. Terlalu banyak ataupun terlalu jarang jelas akan membahayakan sugar glider.

Untuk makanan sugar glider sendiri, sugar glider merupakan jenis hewan omnivora atau pemakan segala. Biarpun begitu, sugar glider ini tetap memiliki makanan favorit, yaitu makanan manis. Yap, hal itulah yang menjadikan hewan ini diberi nama sugar yang berarti gula.

Berikan makanan secara bervariasi agar sugar glider tak merasa bosan. Makanan yang sering kali diberikan adalah buah-buahan manis serta sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi sugar glider. Namun bubur bayi juga boleh diberikan sebagai variasi pakan agar mereka tak merasa jenuh.

Kebersihan Tubuh Juga Perlu Diperhatikan

Perawatan harus diberikan secara maksimal, termasuk masalah kebersihan tubuh sugar glider. Dengan memandikannya, sugar glider yang kita pelihara akan lebih terjaga dalam masalah kesehatan fisiknya.

Cara memandikan sugar glider tak begitu sulit. Cara pertama adalah dengan memandikannya layaknya anjing dan kucing yang kemudian dengan langsung dikeringkan menggunakan hair dryer. Sedangkan cara kedua cukup dengan membersihkannya menggunakan tisu basah.

4 Comments

  1. Anisa AE April 27, 2016
  2. Raihanah Ahmad April 28, 2016
  3. Doni Nurdiansyah May 8, 2016
  4. Usup Supriyadi May 12, 2016

Leave a Reply