6 Cara Memilih HP Android Murah Berkualitas Tinggi

Smartphone Android bagus tidak harus mahal! Yang terpenting, adalah tahu cara memilihnya agar mendapatkan Android berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Dan tentunya, murah!

Memilih pilihan HP Smartphone Android, sekarang harus cerdas supaya HP yang didapat murah, tapi berkualitas, performanya tinggi serta sesuai kebutuhan.

Ditambah produsen HP Android sekarang sudah semakin banyak, memilihnya bakal jadi membingungkan.

Lalu bagaimana cara memilih Android murah tapi berkualitas?

Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa kebutuhan serta berapa budget yang dimiliki. Hal ini penting! Agar pilihan tidak meleset nantinya.

#1. Kebutuhan

Seperti yang tadi saya bilang, HP Android sekarang sudah sangat beragam. Spesifikasi serta performanya cukup meloncat jauh pada beberapa tahun belakangan.

Perubahan spesifikasi tersebut diantaranya ada pada chipset, kamera, baterai, layar dan masih banyak lagi.

Sekarang lanjut bahas kebutuhan.

Karena HP Android sekarang performa serta spesifikasinya sudah tinggi-tinggi, bukan berarti kita bisa asal memilihnya. Dalam satu rentang harga tertentu, terdapat beragam jenis spesifikasi yang kadang perbedaannya cukup mencolok.

Contohnya:

  • Di HP A = baterai dan kamera bagus
  • Di HP B = performa chipsetnya bagus.

Kalau ada seseorang yang hobi main media sosial, mana pilihan terbaik untuk diambil orang tersebut? Tentu HP A.

Alasannya untuk apa mengambil HP dengan performa tinggi tapi baterainya cepat habis?

Sebaliknya juga, untuk apa ambil HP dengan baterai dan kamera bagus sedangkan performanya dibawah rata-rata? Padahal kebutuhan dipakai berat.

Disinilah anda bisa melihat betapa pentingnya kebutuhan sehari-hari pada smartphone yang dipillih.

Ada 4 hal dasar yang harus diperhatikan untuk pengguna Android jaman sekarang. Yaitu performa, baterai, kualitas jaringan, dan kamera.

Supaya mudah, saya bagi 3 untuk rata-rata kebutuhan orang sekarang:

Tipe 1 – Untuk kebutuhan pekerjaan harian, media sosial ringan, aplikasi chatting, PDF atau word serta email.

  • Baterai awet.
  • Performa bagus.
  • Jaringan bagus.
  • Kamera bagus.

Tipe 2 – Kebutuhan media sosial, pekerjaan bisnis online,  dan aplikasi chatting

  • Baterai awet.
  • Jaringan bagus
  • Kamera bagus.
  • Performa oke.

Tipe 3 – Kebutuhan gaming harian atau aplikasi-aplikasi yang butuh performa tinggi.

  • Performa tinggi.
  • Baterai oke.
  • Jaringan bagus.
  • Kamera rata-rata.

Setidaknya 4 poin diatas ini yang harus diperhatikan. Untuk model, ukuran layar, versi Android dan spesifikasi-spesifikasi lainnya di kesampingkan dulu.

#2. Budget

Kalau sudah mengetahui untuk apa kebutuhannya, selanjutnya adalah mempersiapkan budgetnya. Untuk budget sendiri sebenarnya bisa disesuaikan.

Saya tidak memberi batas maksimal berapa budget yang harus dimiliki. Kalau anda mau beli HP puluhan juta rupiah ya silakan..

Tapi, untuk minimal budget, setidaknya persiapkan 1.5 juta rupiah untuk mendapatkan spesifikasi HP yang optimal hingga beberapa tahun kedepan.

Kalau budget kurang?

Tidak masalah, tapi tentu nantinya HP akan berjalan kurang optimal dalam beberapa aspek. Terutama untuk anda yang butuhnya HP performa tinggi..

Anda juga bisa mempertimbangkan membeli HP bekas tentunya yang masih normal. Karena di banyak situasi, HP bekas justru akan lebih worthy dibanding HP baru, asal memilihnya benar.

#3. Pengertian komponen yang wajib diketahui

Mengetahui kebutuhan sudah.. Menerapkan budget juga sudah.. Sekarang anda harus mempelajari tentang komponen Android terlebih dahulu. Setidaknya supaya paham dasar-dasarnya.

Kalau anda melihat HP Android, entah itu di koran, internet, atau bahkan iklan TV, akan diperlihatkan spesifikasi yang diberikan.

Kalau belum paham, bagaimana bisa memilih Android yang bagus? Berikut pemahamannya dasarnya:

A. Processor

Dalam sebuah smartphone, ada yang namanya SoC alias System On Chip. SoC ini adalah sebuah chip yang didalamnya berisi berbagai komponen, dan salah satunya adalah Processor.

Processor pada Android, ada beberapa yang ada di pasaran. Kalau di Indonesia, kebanyakan Qualcomm, Mediatek, Exynos (Samsung) dan lain sebagainya.

Processor di Android, sekarang ini kebanyakan sudah banyak Dual-Core (2 CPU), Quad-Core (4 CPU), Hexa-Core (6 CPU) dan Octa Core (8 CPU).

Processor-processor tersebut memiliki speed (kecepatan) masing-masing, yang dihitung dalam satuan Ghz (Gigahertz).

Untuk Processor, yang perlu diketahui adalah jangan terpaku pada jumlah core. Karena semakin banyak core, bukan berarti semakin bagus performanya (Ini kesalahpahaman yang umum).

B. RAM

RAM, merupakan singkatan dari Random Access Memory. Fungsinya untuk menampung data sementara sebelum di proses.

RAM pada smartphone Android, saat ini rata-rata kapasitasnya ada di 1GB, 2GB, 3GB dan 4GB.

Untuk RAM sendiri semakin besar memang semakin bagus. Hal ini ditujukan supaya Android tidak kepenuhan memori, yang nantinya mengakibatkan aplikasi tertutup sendiri (Force Close).

Tapi tidak mengikat. Cukup disesuaikan dengan kebutuhan, karena kapasitas RAM tidak menentukan apakah HP itu bagus atau tidak.

C. ROM

ROM kebalikannya dengan RAM. ROM ini merupakan memori internal yang fungsinya untuk menyimpan data-data. Semakin besar ROM semakin baik, karena akan semakin banyak data yang bisa disimpan.

Pemahaman mudahnya, sama saja seperti harddisk..

Untuk ROM sendiri rata-rata saat ini kapasitasnya ada di 8GB 16GB dan 32GB.

D. Baterai

Untuk baterai sendiri, di Android kebanyakan memakai jenis Li-on dan Li-po yang memiliki beragam kapasitas, yang dihitung dalam satuan mAh.

Kapasitas baterai Android sendiri, untuk saat ini cukup banyak. Ada yang 1500 mAh, 2000 mAh, 3000 mAh dan yang lainnya.

Yang perlu diketahui adalah, jumlah kapasitas mAh tidak terlalu tepat untuk dijadikan patokan seberapa awet baterai Android yang dipakai.

Karena awet tidaknya baterai Android, tergantung dari optimasi sistem sampai Processor yang digunakan. Makanya jangan heran kalau banyak HP-HP mahal yang kapasitas baterainya kalah dengan HP-HP murah.

Supaya tidak bingung, setidaknya pilihlah HP dengan baterai setidaknya 2000 mAh. Karena kapasitas ini sudah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

E. Jaringan

Kalau masalah jaringan saya yakin anda sudah paham. Jaringan di indonesia (gsm) saat ini kebanyakan sudah mengusung 3G dan 4G. Untuk 2G sendiri hanya ada di daerah-daerah tertentu yang terpencil.

Kalau poin ini mudah, carilah HP dengan konektivitas 4G LTE untuk mendukung pemakaian internet pada Android.

Selain kecepatannya yang lebih cepat, paket internet yang ditawarkan di jaringan 4G LTE juga jauh lebih murah dibanding pada jaringan 3G.

Kalau masalah-masalah jaringan yang katanya kadang tidak support di Indonesia, harusnya tidak perlu khawatir. Belilah HP resmi, bukan BM, karena masalah konektivitas sudah diatur langsung dari pabrik.

F. Layar

Masalah layar di Android, untuk mudahnya anda hanya harus memperhatikan 3 hal, yaitu:

  • Resolusi
  • Ukuran
  • Jenis layar

Resolusi layar, di Android di range harga 1.5 sampai 4 juta rupiah kebanyakan ada di 1280×720 (HD) dan 1920×1080 (Full HD). Resolusi layar ini semakin besar semakin bagus. Apalagi untuk nonton film.

Sedangkan ukuran layar, kebanyakan Android sekarang mengusung layar 4.5 sampai 6 inch. Kalau masalah ukuran layar bebas, ingin yang besar atau yang biasa saja.

Terakhir jenis layar, ada beberapa jenis layar yang mempunyai kelebihan masing-masing. Jenis layar tersebut ada IPS, TFT, AMOLED dan sebagainya.

Selain resolusi, ukuran dan jenis layar, terdapat juga fitur pada layar lainnya. Contohnya pelindung layar seperti corning gorilla glass.

Untuk masalah ini, disesuaikan kembali sesuai kebutuhan.

G. Kamera

Yang terakhir perlu diketahui adalah kamera. Pada kamera, selain MP (Megapixel) juga terdapat spesifikasi lain seperti sensor dan resolusi.

Untuk masalah kamera ini, supaya bisa mengetahui kualitasnya, kita perlu melihat uji coba kamera tersebut lewat situs-situs review smartphone yang sudah banyak ditemukan di internet.

#4. Cara mencari smartphone terbaik di range budget anda.

Dan yang terakhir, bagaimana cara memilih Android sesuai budget yang dimiliki?

Untuk poin ini, pertama: Anda harus mencari smartphone di range budget yang anda miliki. Cara mencarinya, ada beberapa cara:

  1. Lewat koran

Koran atau tabloid teknologi sekarang sudah banyak. Ada beberapa koran Indonesia yang membahas update harga HP setiap terbitnya. Anda bisa mencari merk dan tipe yang sesuai dengan budget anda.

  1. Lewat google

Google juga bisa dimanfaatkan untuk mencari smartphone terbaik di harga tertentu. Lewat Google, anda bisa mendapati website yang membahas smartphone terbaik pada range budget anda.

Contoh kata kuncinya: Smartphone terbaik 2 jutaan.

 

Google bisa memberi Anda saran smartphone terbaik sesuai budget yang dimiliki.

Contoh artikelnya seperti berikut: 7 Smartphone terbaik dibawah 2 juta oleh kuyahejo

Belum selesai. Lewat koran atau lewat website, terkadang kita mendapati daftar ngaco yang kurang relevan dengan kebutuhan.

Jadi bagaimana supaya sesuai?

#5. Mengetahui smartphone terbaik sesuai kebutuhan dan harga

Untuk mengetahui smartphone terbaik yang tadi didapat, kita perlu melakukan perbandingan atau benchmark.

Untuk ini saya punya tips mudah yang bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Cara pertama:

Carilah website yang membahas review-review smartphone. Anda bisa mendapatkan review keseluruhan smartphone yang telah anda dapat dari pencarian yang sudah dibahas di poin sebelumnya.

Pada review website ini, kita bisa mendapatkan poin benchmark, kualitas kamera sampai daya tahan baterai.

Cara kedua:

Carilah review di youtube dengan kata kunci “review smartphone yang anda cari” (Tanpa tanda kutip).

Di youtube, anda juga bisa mendapatkan review-review yang sama seperti pada website.

Cara ketiga:

Buka akun media sosial anda, lalu bergabunglah dengan grup yang membahas gadget. Tanyakan tipe smartphone yang ingin anda beli dan kebutuhan anda.

Atau anda juga bisa menanyakan rekomendasi sesuai kebutuhan dan budget anda.

Contoh pertanyaan rekomendasi Android lewat Media Sosial.

#6. Tips membeli HP Android

Setelah mendapatkan Android terbaik untuk dibeli, selanjutnya anda tidak boleh melewatkan saran saya berikut:

  • Pastikan toko yang dibeli terpercaya. Toko yang terpercaya, akan memberikan smartphone dengan garansi yang jelas.
  • Saran berikutnya, belilah HP resmi, bukan HP tidak jelas alias HP BM.

HP BM memang harganya lebih murah, tapi memiliki garansi yang tidak jelas. Ditambah merugikan para produsen HP, developer lokal, bahkan merugikan negara (Karena selundupan).

Karena garansi yang tidak jelas, kerusakan-kerusakan yang suatu saat ditemui akan sulit diperbaiki. Dari masalah software, masalah sistem (seperti bootloop atau IMEI hilang) sampai kerusakan fisik pada HP.

Penutup

Saya harap artikel diatas bisa membantu anda yang ingin membeli HP Android tapi bingung mau memilih yang seperti apa.

Kalau budget anda tidak terbatas, atau ada di atas 4 juta rupiah, anda boleh mengabaikan 4 poin pertama karena pada dasarnya HP Android diatas 4 juta rupiah sudah bagus spesifikasinya.

Kalau sudah punya HP-nya, selanjutnya jangan lupa untuk selalu optimasi Android yang dimiliki agar tidak lemot. Anda juga bisa mempertimbangkan melakukan root.

Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh Dzkry Az – Owner dari www.leskompi.com.

Leave a Reply