Cantiknya Bunga Teratai yang Menghiasi Perairan Tenang

Bunga Teratai – Membahas mengenai tumbuh-tumbuhan memang tak pernah ada habisnya. Banyaknya variasi tanaman menjadi alasan utamanya. Mulai dari jenis tanaman yang hidup dan tumbuh di daerah gersang, di daerah yang lembab, atau bahkan hidup di perairan.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan sedikit menyinggung pembahasan mengenai salah satu jenis tumbuhan berbunga yang hidup di perairan tenang. Memang banyak jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di perairan tenang, salah satunya ialah bunga teratai.

Bunga teratai memiliki nama latin Nymphaea dari keluarga Nymphaeaceae. Di Indonesia sendiri, nama bunga teratai digunakan untuk menyebutkan dua macam bunga, yakni Water Lily dan Lotus. Padahal di beberapa negara, kedua jenis bunga tersebut merupakan dua jenis bunga yang berbeda.

Bunga teratai, baik Water Lily atau pun Lotus, merupakan jenis tumbuhan berbunga yang hidup di perairan tenang. Misalnya seperti di danau, telaga, rawa-rawa, sungai yang tenang, kolam, balong, dan genangan atau kubangan air lainnya.

Akar tumbuhan bunga teratai berada di lumpur yang terdapat pada dasar rawa. Dari akar tersebut muncul lah rizoma yang masih berada di dalam lumpur tadi. Rizoma ialah batang pada tumbuhan yang mengalami modifikasi bentuk, terletak di dalam tanah, dan menghasilkan tunas serta akar baru dari ruas-ruas yang dimilikinya.

Batang pada tanaman bunga teratai akan tumbuh dari rizoma yang terletak di dalam lumpur hingga terhubung ke daun yang terletak di permukaan air. Jika kebanyakan batang pada tumbuhan lain terhubung ke ujung daun, maka batang teratai terhubung ke tengah-tengah daunnya.

Daun dari tumbuhan teratai ini memiliki bentuk lingkarang yang hampir sempurna dengan diameter yang cukup lebar. Daun tersebut berwarna hijau tua namun terlihat cerah. Keindahannya dapat dengan mudah kita amati karena daun bunga teratai terletak di atas permukaan air.

Biasanya, jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di air memiliki lapisan lilin pada daunnya. Namun ternyata, daun yang dimiliki oleh bunga teratai tidak seperti itu. Sehingga, kala bagian daun terkena air, air tidak akan membentuk butiran-butiran air.

Bagian bunga pada tumbuhan ini sendiri keluar dari tangkai yang merupakan perpanjangan dari bagian rizoma yang terletak di bawah lumpur tadi. Bunga teratai rata-rata memiliki ukuran diameter sebesar 5 sampai 10 cm.

Jenis-jenis Bunga Teratai

Jenis-jenis Bunga Teratai di Dunia

Sumber : WallpaperCave.Com

Spesies, varietas, atau jenis bunga teratai ini ternyata tergolong cukup banyak. Setidaknya, ada sekitar 50 spesies bunga teratai yang tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk negeri Indonesia ini. Berikut beberapa jenis bunga teratai dari seluruh dunia :

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Alba (Bunga Teratai Putih)

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Alba di Habitatnya

Sumber : TheFloweringGarden.Com

Bunga Teratai Nymphaea alba ini memiliki beberapa nama panggilan. Bunga teratai jenis ini sering dikenal dengan nama bunga teratai putih, white nenuphar, European white water lily, atau white water rose.

Bunga teratai jenis ini biasanya tumbuh di perairan tenang dengan kedalaman antara 30 sampai 150 cm. Kelopak bunganya berwarna putih cerah dengan benang sari berwarna kuning yang indah pula. Karenanya, bunga ini merupakan jenis bunga teratai yang paling digemari.

Walaupun sudah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, bunga teratai putih akan lebih banyak ditemukan di seluruh benua Eropa, Afrika Utara, dan juga Timur Tengah.

Jenis Bunga Teratai Victoria Amazonica (Bunga Teratai Raksasa)

Jenis Bunga Teratai Terbesar di Dunia

Sumber : GardenClinic.Com.Au

Bunga Teratai Victoria Amazonica ini merupakan jenis bunga teratai terbesar di jagat ini. Bagaimana tidak? Ukuran daun dari bunga Teratai Victoria ini bisa mencapai diameter sebesar 3 meter. Tanaman ini juga hidup di perairan tenang dengan kedalaman 8 meter. Oleh karena itulah bunga ini disebut sebagai bunga Teratai raksasa.

Seperti yang kita ketahui pada namanya, bunga Teratai Victoria ini berasal dari sungai Amazon yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai Amazon memang dikenal sebagai surga makhluk hidup raksasa, baik itu flora maupun fauna.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Ampla

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Ampla yang Amat Cantik

Sumber : PanamaSilvestre.Com

Jenis bunga Teratai selanjutnya adalah bunga Teratai Nymphaea ampla. Bunga teratai jenis ini biasa tumbuh dan tersebar di wilayah benua Amerika, seperti Meksiko, Karibia, Texas, Amerika Tengah, dan juga Amerika Selatan.

Bentuk serta warna pada kelopak bunganya terlihat mirip dengan bunga Teratai jenis Nymphaea Alba (Teratai Putih). Namun yang berbeda adalah bentuk daunnya. Sisi pada daun bunga Teratai Nymphaea ampla membentuk pola bergerigi lancip dan memiliki lapisan warna putih tipis yang menyelimuti daunnya.

Diameter pada daun tanaman teratai Nymphaea ampla adalah sekitar 15 sampai 45 cm. Sedangkan bagian bunganya memiliki ukuran diameter kurang lebih 7 sampai 18 cm. Setiap kelopak bunganya terdiri dari bentuk yang terlihat seperti oval meruncing.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Caerulea (Bunga Teratai Biru)

Jenis Bunga Teratai Biru

Sumber : Memim.Com

Bunga Teratai Nymphaea caerulea merupakan jenis bunga teratai berwarna biru. Di beberapa negara, bunga teratai yang satu ini memiliki nama yang berbeda. Misalnya seperti Bunga Teratai Biru, Blue Lotus, Blue Egyptian Lotus, Sacred Blue Lily, Blue Water Lily, dan lain sebagainya.

Tanaman ini memiliki warna biru pada bagian bunganya. Bunga tersebut pada dasarnya memiliki bentuk khas ala bunga Teratai, dengan benang sari kuning yang cukup banyak, serta diameter berukuran 10 sampai 15 cm.

Salah satu keunikan dari bunga teratai jenis ini adalah siklus mekarnya. Kala pagi hari tiba, bunganya akan muncul ke permukaan air lalu mulai bermekaran. Namun ketika sore hari tiba, bunganya akan kembali menutup dan kemudian tenggelam ke dalam air.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Calliantha Conard

Jenis Bunga Teratai Ungu

Sumber : InternationalWaterLilyCollection.Ccom

Setelah bunga teratai berwarna putih dan biru, kini ada pula jenis bunga teratai berwarna ungu. Namanya ialah bunga Teratai Nymphaea calliantha Conard. Bunga teratai jenis ini merupakan salah satu jenis bunga teratai yang berasal dari wilayah Afrika.

Tak hanya berwarna keungu-unguan, kadang bunga Teratai jenis ini pun memiliki warna pink tua atau pun kebiru-biruan. Bunganya akan tumbuh dan mekar hingga mencapai ukuran 4 sampai 6 inch, atau sekiar 15 cm.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Capensis

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Capensis Juga Berwarna Biru Keunguan

Sumber : Wikimedia.Org

Bunga Teratai Nymphaea capensis merupakan jenis bunga teratai yang berasal dari daerah tropis di benua Afrika. Seiring penyebarannya, bunga teratai jenis ini kemudian mulai mendatangi kawasan benua Australia, Florida, serta berbagai kawasan tropis lainnya.

Jika bunga teratai lainnya membutuhkan stok air yang cukup banyak untuk bertahan hidup, berbeda dengan bunga teratai yang satu ini. Bunga teratai ini mampu bertahan hidup dengan kondisi tanpa hujan atau bahkan sungai yang kering.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Colorata

Bentuk Jenis Bunga Teratai yang Satu Ini Masih Seperti Bentuk Umum Bunga Teratai Lainnya

Sumber : InternationalWaterLilyCollection.Com

Bunga Teratai yang selanjutnya adalah Nymphaea colorata. Tanaman ini merupakan bunga teratai asli Afrika Timur. A. Peter merupakan orang pertama yang menemukan bunga teratai yang satu ini pada sekitar abad ke 19 awal.

Warna kelopak bunga Teratai Nymphaea colorata adalah biru tua keungu-unguan. Jumlah kelopak bunganya berkisar antara 13 sampai 15 buah. Bentuknya pun mempertahankan bentuk khas bunga teratai yang menyerupai cangkir dengan sisi-sisi yang terlihat lancip.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Elegans

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Elegans Tampak Samping

Sumber : JoesNowAquaticPlants.Com

Bunga Teratai jenis Nymphaea elegans adalah jenis bunga teratai yang banyak ditemukan di kawasan Florida, Lousiana, Amerika Serikat, Texas, Meksiko, Oaxaca, Kolombia, dan berbagai wilayah-wilayah di benua Amerika lainnya.

Untuk klasifikasi jenis bunga teratai Nymphaea elegans ini antara lain yakni termasuk ke dalam kingdom plantae, kelas Angiosperms, ordo Nymphaeales, keluarga Nymphaeaceae, genus Nymphaea, dan N. Elegans.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Flavovirens

Indahnya Jenis Bunga Teratai Nymphaea Flavovirens

Sumber : InternationalWaterLilyCollection.Com

Kelopak bunga yang menyerupai bintang, dengan kombinasi warna antara putih dan kuning adalah ciri khas yang dimiliki oleh bunga teratai jenis Nymphaea flavovirens. Namun bentuknya pun masih identik dengan bentuk bunga teratai lainnya.

Selain itu, bunga teratai yang satu ini tidak terletak tepat di permukaan air. Terdapat tangkai berwarna kehijauan yang cukup tinggi, sehingga mengangkat posisi bunga teratai ini lebih tinggi dari permukaan air.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Gigantea Violacea

Kecantikan Jenis Bunga Teratai Gigantea Violacea

Sumber : Seerosen.Org

Satu lagi jenis bunga teratai yang memiliki bunga berwarna biru cerah keungu-unguan, kemudian bergradasi dengan warna putih nan mempesona. Namanya adalah bunga teratai Gigantea Violacea. Bunga teratai jenis ini merupakan bunga teratai yang berasal dari wilayah Papua New Guinea dan juga Australia.

Bunga teratai Gigantea Violacea ini termasuk jenis tumbuhan yang hidup di daerah tropis dan sub-tropis. Rizomanya yang terletak di dalam lumpur membentuk seperti umbi. Selain itu, ukuran daunnya pun cukup besar, dapat mencapai diameter hingga 75 cm. Karena itulah bunga teratai jenis ini diberi embel-embel “Gigantea” yang berarti besar.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Heudelotii

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Heudelotii Memiliki Bentuk yang Khas

Sumber : Flickr

Bunga teratai Nymphaea heudelotii merupakan jenis bunga teratai yang memiliki warna ungu muda dan bercampur dengan warna kuning di bagian tengahnya. Terdapat batang yang mengangkat daunnya sehingga bagian bunga tidak langsung menempel dengan permukaan air.

Bagian daun masih relatif sama dengan jenis tanaman bunga teratai lainnya. Warna daunnya hijau pucat yang sedikit kecokelatan. Hanya saja, ukuran daun pada tanaman bunga teratai jenis Nymphaea heudelotii ini ukurannya cukup kecil jika dibandingkan dengan bunga teratai lainnya.

Jenis Bunga Teratai Nymphaea Jamesoniana

Jenis Bunga Teratai yang Satu Ini Terbilang Unik

Sumber : Seerosenforum.De

Jenis bunga teratai yang satu ini dinamakan Nymphaea Jamesoniana. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh bunga teratai jenis ini ialah bentuk serta warna bunga yang cenderung berbeda dari jenis-jenis bunga teratai lainnya.

Jika biasanya kebanyakan jenis bunga teratai memiliki bentuk tiap kelopak yang tipis, berbeda dengan bunga teratai yang satu ini. Tiap helai kelopak bunganya terlihat lebih melebar ke arah samping.

Selain itu, warna pada bunga teratai jenis Nymphaea Jamesoniana ini juga cukup menarik. Di bagian luarnya, bunga teratai Nymphaea Jamesoniana terlihat berwarna hijau yang serupa dengan daunnya. Namun bagian dalamnya terdiri dari warna putih yang begitu menawan.

 

Leave a Reply