Melihat Kecantikan Bunga Sakura Khas Negeri Jepang

Bunga Sakura – Bagi sebagian orang, berbicara soal negeri Jepang tentu sangat berkaitan dengan salah satu bunga nasionalnya yang terkenal akan kecantikannya. Tentu saja, kalau bukan bunga Sakura, bunga apa lagi?

Bunga Sakura merupakan salah satu spesies tumbuhan yang tergolong ke dalam famili Rosaceae. Nama Sakura diambil dari bahasa Jepang itu sendiri, yaitu “Saku” yang berarti mekar, sedangkan “ra” merupakan bentuk jamaknya.

Warna bunga Sakura ini cukup memiliki banyak variasi, di antara adalah putih, pink, merah, kuning muda, hijau muda, dan lain sebagainya. Keindahan warna bunga Sakura tersebut akan semakin mempesona ketika bermekaran di kala musim semi.

Bunga Sakura merupakan bunga yang penuh arti dan mengandung sejuta makna bagi masyarakat setempat. Bunga Sakura sering kali menjadi simbol atas kehidupan, kematian, kegembiraan, kesedihan, keberanian, hubungan, dan lain sebagainya.

Tak hanya dikenal akan kecantikannya dan menyimbolkan banyak hal semata, bunga Sakura ternyata bermanfaat pula untuk urusan konsumsi. Bunga Sakura sering kali dijadikan bahan untuk menambah keharuman olahan makanan, sebagai pembungkus kue mochi, teh, es krim, dan lain-lain.

Jenis-jenis Bunga Sakura

Karena telah berkali-kali dilakukan persilangan, kini bunga Sakura memiliki jenis yang amat variatif. Semua spesies bunga Sakura tersebut memiliki kecantikan dan ciri khas tersendiri. Berikut ini beberapa jenis bunga Sakura terbaik sepanjang masa.

Bunga Sakura Yamazakura

Bunga Sakura Yamazakura

www.flickr.com

Bunga Sakura Yamazakura atau bunga Sakura liar ini disebut-sebut sebagai jenis bunga Sakura yang sudah menghuni bumi Jepang berabad-abad lamanya. Bunga Sakura Yaezakura ini bahkan sering disebutkan dalam seni puisi kuno negara Jepang.

Bunga Sakura jenis ini terdiri dari lima lembaran kelopok bunga. Ketika mekar, bunga Sakura Yamazakura akan memiliki warna putih atau pink tua dan terlihat begitu menawan, terlebih lagi ketika dilihat kala menghiasi seluruh daun yang ada di pohonnya.

Bunga Sakura Shidarezakura

Bunga Sakura Shidarezakura

mikslawncare.com

Bunga Sakura Shidarezakura ini juga memiliki ciri khas tersendiri. Jika dilihat dari kejauhan, bunga Sakura Shiderazakura akan terlihat seperti air mancur besar. Karena terlihat seperti air mancur, banyak pula orang yang menjuluki bunga Sakura jenis ini dengan julukan bunga Sakura menangis.

Bunga Sakura Somei Yoshino

Bunga Sakura Somei Yoshino

mcha-id.com

Bunga Sakura Somei Yoshino ini merupakan jenis bunga Sakura yang paling dominan di negara matahari terbit. Terdapat 5 helai kelopak pada bunga Sakura jenis ini. Ketika masih kuncup bunga ini akan berwarna pink tipis, namun ketika ia mekar warna putih akan mendominasi keindahannya.

Nama Bunga Sakura Somei Yoshino ini berkaitan erat dengan sejarah bunga ini sendiri. Di mulai ketika Jepang masih berada pada zaman Edo akhir, masyarakat desa Somei dikenal sering memperdagangkan bunga Sakura Yoshino. Oleh karena itulah bunga ini akhirnya dinamai bunga Sakura Somei Yoshino.

Bunga Sakura Yaezakura

Bunga Sakura Yaezakura

500px.com

Bunga Sakura Yaezakura ini sering disebut dengan panggilan bunga Sakura kelopak ganda. Jumlah kelopak bunganya memang sangat banyak, mulai dari 10 helai hingga 50 helai kelopak bunga. Sangat berbeda dengan jumlah kelopak bunga Sakura sebelumnya bukan?

Bunga Sakura Yaezakura ini juga memiliki beberapa varietas lagi. Varietas-varietas dari bunga Sakura jenis ini ada yang memiliki warna putih, pink, dan lain sebagainya yang akan terlihat ketika bunga ini bermekaran.

Bunga Sakura Gyoiko

Bunga Sakura Gyoiko

speedboo.blogspot.com

Berbeda dari bunga Sakura kebanyakan, bunga Sakura jenis Gyoiko ini memiliki warna bunga yang hampir mirip dengan warna daunnya ketika bermekaran, yakni hijau kekuning-kuningan. Warnanya tersebut lah yang menjadikan bunga Sakura jenis ini dijuluki bunga Sakura Enzo Kuning. Kelopak bunganya yang indah tersebut berjumlah mulai dari 10 sampai 15 lembar daun kelopak.

Leave a Reply