Melihat Cantiknya Bunga Melati, Si Pelambang Sebuah Kesucian

Anda seorang pencinta tumbuhan? Pasti tau dong jenis tumbuhan yang satu ini. Yap, bunga melati namanya. Jangankan seorang pencinta tumbuhan, mereka yang bukan penghobi sekali pun tentu akan mengenal bunga yang satu ini.

Bunga melati memang merupakan salah satu jenis bunga yang paling dikenal di masyarakat dunia. Tentu saja, hal tersebut tak lain disebabkan oleh kecantikannya yang luar biasa menggoda. Keharuman yang khas menjadi ciri identik dari bunga Melati ini. Bahkan, bunga melati pun menyimpan berbagai hartu karun manfaat yang dikandungnya.

Nah, bunga melati ini merupakan salah satu jenis tumbuhan perdu yang dijadikan sebagai tumbuhan hias. Memangnya apa sih tumbuhan perdu itu? Tumbuhan perdu yaitu tumbuhan-tumbuhan yang memiliki ketinggian di bawah 6 meter. Singkatnya, bunga melati ini termasuk tumbuhan dengan ukuran yang terbilang “kerdil”.

Siapa yang menyangka, ternyata tumbuhan bunga melati ini termasuk salah satu dari anggota keluarga zaitun (Oleaceae). Mereka hidup dan tumbuh di negara-negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Pantas saja salah satu bunga melati, yakni bunga melati putih (Jasminum sambac) dijuluki sebagai “puspa bangsa” yang menjadi simbol bunga nasional Indonesia ini.

Jika simbol bunga melati putih tersebut diartikan, maka bunga melati putih akan melambangkan sebuah kesucian dan juga kemurnian. Karenanya, bagi masyarakat yang masih memegang teguh adat budayanya, biasanya bunga melati ini akan diikut sertakan dalam prosesi pernikahan yang pantas disebut upacara yang suci.

Jenis-jenis Bunga Melati Tercantik Asal Berbagai Penjuru Negeri

Jenis Bunga Melati dari Seluruh Dunia

Sumber : YouTube

Sebenarnya, bunga melati ini memiliki spesies yang sangat banyak. Terdapat sekitar 200 spesies bunga melati yang keberadaanya sudah dikenali oleh para ilmuwan di bidang ini. Hanya saja, dari sekian banyak bunga melati yang tersebar ke berbagai belahan dunia, hanya 9 spesies saja yang paling sering dibudidayakan.

Kebanyakan dari jenis-jenis bunga melati ini masih tumbuh liar di hutan-hutan tropis nan hangat. Entah karena kurang menguntungkan dalam segi ekonomi, keindahan dan sebagainya sehingga kebanyakan jenis bunga melati tersebut belum dijadikan sebagai tanaman hias.

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita bahas secara lebih dalam, mendetil, dan tentunya lengkap dengan ciri khasnya mengenai jenis-jenis bunga melati yang berasal dari berbagai belahan dunia ini. Penasaran apa saja? Berikut pembahasannya. Di baca sampai selesai yaa 😀

1. Jenis Bunga Melati Putih

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bunga melati putih ini merupakan bunga nasional khas negara Indonesia. Bunga melati putih ini dikenal sebagai “Puspa Bangsa” yang melambangkan kesucian dan kemurnian.

Bunga melati putih ini bernama latin Jasminum sambac. Warna putihnya yang sangat cantik benar-benar memiliki kesan yang suci dan murni. Tentu saja hal ini sangat memancing ketertarikan para penghobi tanaman hias untuk memeliharanya di pekarangan rumah mereka.

Tak hanya cantik karena warna putih cerahnya saja, bunga melati putih ini juga sangat harum. Karena keharumannya tersebut, bunga melati putih ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan teh serta menjadi aksesoris penghias acara pernikahan.

2. Jenis Bunga Melati Multiflorum

Jenis bunga melati yang tak kalah menarik selanjutnya ialah jenis bunga melati multiflorum (Jasminum Multiflorum). Begitu seseorang melihat bunga ini, maka ia akan mendapati sebuah kecantikan sekaligus kekhasan dari bunga melati yang satu ini.

Bentuknya yang unik menjadi senjata andalan bunga melati multiflorum untuk mencuri pandangan mata para penghobi tanaman hias. Jika diperhatikan, bentuknya menyerupai beberapa mata pedang yang disusun secara melingkar. Namun biarpun terlihat seperti mata pedang, kesan yang lebih menonjol dari bunga melati yang satu ini bukanlah kesangaran, melainkan kecantikan dan keindahan.

Sama halnya seperti bunga melati putih, bunga melati multiflorum ini juga memiliki warna putih yang sangat cerah sebagai warna dasarnya. Bunga ini tumbuh mekar dengan cantik walaupun tanpa corak atau motif yang menghiasinya.

Bunga melati multiflorum ini juga dikenal sebagai bunga melati musim dingin. Pada kelopak bunganya terdapat bulu-bulu halus yang menyelimutinya. Ketika bunganya bermekaran, jumlah bunga yang banyak akan menutupi daun-daunnya. Keharuman khas melati pun akan tercium dari kejauhan.

3. Jenis Bunga Melati Raja

Jenis bunga melati (Jasminum Rex) selanjutnya ialah bunga melati dengan ukuran terbesar jika dibandingkan dengan spesies bunga melati lainnya. Bunga melati ini akan tumbuh besar dengan bunga-bunga lebat dan juga mahkota yang menghiasinya. Karena itu lah bunga ini dinamakan sebagai bunga melati raja atau King Jasmine.

Walaupun ukurannya terbilang besar, namun kecantikan yang dimilikinya tak kalah dari bunga melati lainnya. Keharuman khas melati pun masih menempel pekat pada tumbuhan melati yang satu ini. Hal tersebut menjadikan bunga melati raja ini akan sangat cocok ditanam di pekarangan halaman yang terbilang luas.

4. Jenis Bunga Melati Casablanca

Bunga melati yang paling cantik selanjutnya adalah bunga melati casablanca. Bagaimana tidak? Dengan 5 helai daun kelopak dalam satu bunganya, yang kemudian dipadukan dengan warna putih bergradasi dengan warna pink, bunga melati casablaca ini pun mampu memikat hati banyak orang.

Orang-orang menyebut bunga melati casablanca ini dengan nama-nama yang berbeda. Ada orang yang menyebutnya dengan nama bunga melati casablanca, bunga melati penyair, dan bunga melati musim panas. Sedangkan nama latin yang dimilikinya ialah Jasminum Officinale.

Aromanya yang sangat harum dan khas melati yang dimiliki oleh bunga melati casablanca ini sangat lah kuat. Oleh karena itu, banyak petani melati yang sangat tertarik untuk membudidayakan bunga melati yang satu ini.

Bunga melati casablanca ini tumbuh beberapa negara yang berbeda. Mulai dari Pakistan, Afganistan, Iran Utara, Tajikistan, Kauskasus, Nepal, India, Himalaya, dan bagian Barat China. Jika bunga melati putih merupakan bunga nasional Indonesia, maka bunga melati casablanca ini merupakan bunga nasional Pakistan.

5. Jenis Bunga Melati Gambir

Bagi orang-orang yang belum mengenal bunga melati gambir dengan baik, kadang kala ia akan tertukar dengan bunga kamboja putih. Tentu saja, hal tersebut dikarenakan bunga melati gambir ini memang terlihat mirip dengan bunga kamboja putih, hanya saja cenderung lebih cantik (tergantung selera juga sih hehe).

Namun jika dilihat secara keseluruhan, mulai dari batang hingga dedaunan yang dimilikinya, maka akan tampak lah perbedaan yang sangat signifikan di antara bunga melati gambir ini dengan bunga kamboja putih.

Bunga melati gambir ini memiliki ukuran bunga yang terbilang besar. Dahannya pun dapat tumbuh cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis bunga melati lainnya. Bunga melati gambir ini juga memiliki aroma khas melati yang sangat harum dan juga bunga-bunga yang cukup lebat.

6. Jenis Bunga Melati Primrose

Bunga melati primrose ini merupakan jenis bunga melati yang berwarna kuning. Bunganya yang kuning cerah tersebut akan terlihat begitu cantik menghiasi seluruh bagian tubuh tanaman bunga melati yang satu ini.

Tak hanya dikenal sebagai bunga melati primrose saja, bunga melati yang satu ini juga dikenal memiliki beberapa nama lain. Misalnya seperti Jepang Primrose, Primrose Jasmine, atau bahkan Yellow Jasmine (Melati Kuning). Sedangkan nama latinnya ialah Jasminum mensyi.

7. Jenis Bunga Melati Pot

Nah, untuk jenis bunga melati yang selanjutnya akan sedikit menggemaskan. Bunga melati yang satu ini dikenal sebagai bunga melati pot atau bunga melati dwarf (Jasminum parkeri dun). Bunga dan daunnya yang berbentuk oval memiliki ukuran yang sangat mungil, sehingga tanaman ini sangat cocok ditanam dalam sebuah pot.

Bentuk tumbuhan bunga melati pot ini terlihat seperti semak cemara yang berbentuk kubah dengan ukuran yang kecil nan menggemaskan. Bunga-bunganya yang berukuran kerdil tersebut akan bermekaran ketika awal musim panas datang.

8. Jenis Bunga Melati Bintang

Bunga melati bintang ini memang termasuk salah satu jenis bunga melati paling unik di dunia. Bentuk mahkotanya yang menyerupai bintang menjadikan jenis bunga melati yang satu ini diberi nama bunga melati bintang.

Leave a Reply