Jenis-jenis Bunga Mawar Tercantik yang Tersebar ke Berbagai Belahan Dunia

Seperti yang kita ketahui, bunga Mawar memang merupakan jenis bunga yang amat indah. Dengan beraneka variasi jenis dan warna yang cerah, wajar saja bila bunga hias ini digemari oleh banyak orang di berbagai kalangan.

Selain disebut dengan nama bunga Mawar, bunga ini juga sering dipanggil dengan sapaan “bunga Rosa”. Tentu saja, hal itu dikarenakan bunga Mawar merupakan tanaman hias dari genus Rosa dalam famili Rosaceae.

Kebanyakan spesies dari bunga Mawar merupakan jenis tanaman yang hidup dalam bentuk semak belukar dengan duri-duri yang menjalar di sekujur batangnya. Namun, sebagian spesies bunga Mawar tergolong jenis tumbuhan rambat.

Tumbuhan bunga Mawar yang tergolong jenis tumbuhan semak rata-rata dapat tumbuh setinggi 2 hingga 5 meter dari tanah. Sedangkan bunga Mawar yang tergolong jenis tumbuhan rambat dapat tumbuh hingga mencapai 20 meter.

Walaupun tidak semuanya, namun beberapa spesies dari bunga Mawar yang ada dapat menghasilkan buah pula. Buah tersebut dikenal dengan nama buah Rose Hips yang memiliki kandungan vitamin C amat tinggi.

Untuk spesiesnya sendiri, terdapat lebih dari 100 spesies bunga Mawar yang tersebar di berbagai belahan dunia. Baik bunga Mawar yang tergolong tumbuhan semak maupun bunga Mawar yang tergolong sebagai tumbuhan rambat.

Dari 100 lebih spesies bunga Mawar tadi, setiap spesiesnya diketahui memiliki ciri khas tersendiri. Setiap spesiesnya pun memiliki pola warna serta corak yang pasti akan memanjakan kedua bola mata orang-orang yang melihatnya.

Secara garis besar, jenis-jenis bunga Mawar yang ada dapat digolongkan menjadi 3 kelompok. Pembangian kelompok tersebut antara lain yakni Wild Rose (Bunga Mawar Liar), Old Garden Roses (Bunga Mawar Taman Kuno), dan Modern Garden Roses (Bunga Mawar Taman Modern).

1. Bunga Mawar Liar (Wild Roses)

Bunga Mawar Liar

www.allabouthappylife.com

Seperti nama yang dimilikinya, bunga Mawar Liar ini aslinya tumbuh secara liar. Karena tumbuh secara liar, bunga Mawar ini sudah ada sejak dahulu kala. Bunga ini memiliki fisik yang kuat karena tahan terhadap hama sehingga tak mudah mati.

Bentuk bunga Mawar Liar ini tampak sederhana-sederhana saja. Namun biarpun begitu, kecantikan khas yang dimiliki oleh bunga Mawar Liar ini tetaplah menggoda. Bahkan beberapa jenis bunga Mawar liar merupakan jenis Mawar yang paling diminati.

2. Bunga Mawar Taman Kuno (Wild Garden Roses)

Bunga Mawar Taman Kuno

sitimaimunahrasyasyafa.blogspot.com

Sebelum masuk ke pertengahan abad 18, Bunga Mawar hasil dari persilangan termasuk ke dalam kelompok Bunga Mawar Taman Kuno atau Wild Garden Roses. Ciri khas dari bunga Mawar Taman Kuno ini adalah memiliki bentuk yang rumit nan cantik, serta menebarkan semerbak keharuman.

Terdapat cukup banyak spesies bunga Mawar yang termasuk dalam kelompok Bunga Mawar Taman Kuno ini. Jenis tersebut antara lain ialah bunga Mawar Alba, bunga Mawar Gallica, bunga Mawar Damask, bunga Mawar Centifolia, bunga Mawar Moss, dan masih banyak lagi.

3. Bunga Mawar Taman Modern (Modern Garden Roses)

Bunga Mawar Taman Modern

www.flowerpictures.net

Pada pertengahan abad ke 18, tepatnya pada tahun 1867, untuk pertama kalinya bunga mawar Taman Modern diperkenalkan kepada dunia. Kala itu, bunga Mawar Taman Modern yang diperkenalkan ialah bunga Mawar Hybrid Tea.

Ciri khas yang dimiliki oleh kelompok bunga Mawar Taman Modern adalah memiliki kelopak bunga ganda serasi. Sebagian jenisnya mengeluarkan aroma wangi dan sebagian lainnya tidak. Bunganya yang cantik itu akan terus tumbuh sepanjang tahun.

***

Itulah informasi singkat mengenai jenis-jenis bunga mawar tercantik yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Masih sangat banyak jenis-jenis bunga Mawar yang tak kalah cantik di luar sana. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply