Bunga Matahari yang Kaya Akan Manfaat

Siapa sih yang tak kenal dengan bunga yang satu ini? Ya, Bunga Matahari. Bunga Matahari memang sudah menjadi salah satu jenis bunga paling terkenal. Tak hanya dikenal sebagai tanaman hias, bunga Matahari juga dikenal memiliki banyak sekali manfaat.

Bunga Matahari termasuk salah satu jenis bunga yang berasal dari famili Astereceae dan genus Helianthus. Bentuk kelopaknya tergolong besar untuk ukuran bunga karena dapat mencapai diameter hingga sebesar 30 cm. Kelopaknya yang besar tersebut berwarna kuning cerah, polos, namun cantik.

Kelopaknya tak hanya besar, namun juga terdiri dari banyak sekali bunga tabung. Jumlah bunga tabung dalam satu tangkai bunga matahari dapat mencapai hingga 2.000 buah. Sedangkan bunga yang berada di sisi-sisinya dinamakan bunga lidah.

Tak hanya ukuran kelopak bunganya saja yang sangat besar, tumbuhan bunga Matahari juga dapat tumbuh menjulang ke atas hingga mencapai ketinggian 3 sampai 5 meter. Hal tersebut tentu dapat dikatakan sangat tinggi mengingat ukuran tumbuhan hias berbunga kebanyakan yang tidak begitu tinggi.

Bunga Matahari ini juga merupakan jenis tanaman yang unik. Kelopak bunganya akan terus menghadap ke arah matahari sembari mengikuti pergerakannya. Hal ini disebut dengan Heliotropisme. Hal itu pun yang menyebabkan bunga ini dinamakan sebagai bunga Matahari sekaligus pembuktian bahwa tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat bergerak.

Manfaat Bunga Matahari

Manfaat Biji Bunga Matahari

pixabay

Tak hanya cocok untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias, bunga Matahari juga ternyata mengandung banyak sekali manfaat yang baik bagi manusia. Manfaat tersebut kebanyakan dapat diperoleh dari bijinya yang kita kenal dengan istilah kuaci.

Alasan mengapa biji bunga Matahari sangat berkhasiat tak lain karena kandungan gizi yang dimilikinya sangat berlimpah. Dalam 100 gram biji bunga matahari terkandung kurang lebih 20 gram karbohidrat, 8,6 gram serat, 20,78 gram protein, kalori 584 Kcal, dan 51,46 gram lemak.

Tak hanya itu, berbagai macam vitamin pun dapat diperoleh dari 100 gram biji bunga matahari tersebut, antara lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, Thiamin, Riboflavin, Niacin, Pantothenic acid, Folates, dan Pyridoxine.

Kandungan Mineral juga bisa didapatkan dari biji bunga Matahari tadi. Masih dalam 100 gram biji bunga Matahari, di dalamnya terkandung 78 mg kalsium, 5,28 mg zat besi, 660 mg Phosporus, 5 mg Zinc, 325 mg Magnesium, dan masih banyak lagi.

Kandungan-kandungan tersebut lah yang pada akhirnya mampu menghasilkan berbagai macam manfaat bagi manusia. Apa saja manfaat dari biji bunga matahari ini? Berikut pembahasan lengkapnya :

1. Biji Bunga Matahari Baik untuk Menurunkan Kolestrol

Di dalam biji bunga matahari, terdapat sekiranya 270-289 mg/100 gram Pitosterol. Kandungan pitosterol tersebut sangat berguna untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh manusia. Selain itu, bunga matahari pun tidak sedikit pun mengandung kadar kolestrol.

2. Mengantisipasi Berbagai Penyakit dengan Biji Bunga Matahari

Seperti yang sudah disinggung di atas, dalam 100 gram biji bunga matahari terkandung setidaknya 325 mg Magnesium. Dalam sebuah penelitian, Magnesium dipercaya sangat berguna untuk mencegah terjadinya berbagai macam penyakit.

Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan kandungan Magnesium dalam biji bunga matahari antara lain ialah penyakit stroke, penyakit jantung, sakit kepala migrain, tekanan darah tinggi, penyakit asma, dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

3. Biji Bunga Matahari Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Biji bunga Matahari juga memiliki kandungan Selenium, yakni salah satu jenis mineral yang sangat baik dalam perawatan kesehatan tulang. Selenium juga sudah dibuktikan dapat memperbaiki sel DNA yang telah rusak, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan membunuh sel-sel abnormal dalam tubuh.

Leave a Reply