Menikmati Keindahan Bunga Edelweis di Berbagai Gunung Indonesia

Mereka yang biasa mendaki gunung tentu tak asing lagi dengan jenis bunga yang satu ini. Ya, bunga Edelweis namanya. Jenis bunga yang bernama latin ini Anaphalis javanica kadang kala disebut juga dengan nama panggilan bunga Senduro.

Rata-rata bunga Edelweis tumbuh dengan tinggi sekitar 1 meter. Ukuran batangnya kira-kira sebesar kaki orang dewasa. Namun sebenarnya, bunga Edelweis ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 8 meter. Ukuran yang tergolong tinggi untuk sebuah tanaman berbunga.

Salah satu keunikan tumbuhan ini adalah bunganya. Setelah dipetik dari tangkainya, bunga Edelweis akan tetap terlihat segar dalam jangka waktu yang sangat lama. Oleh karena itulah bunga Edelweis sering dijuluki sebagai “bunga abadi”.

Bunganya yang cantik ternyata sangat memancing perhatian serangga-serangga di sekitarnya. Di satu tumbuhan bunga Edelweis saja terdapat sekitar 300 spesies serangga yang hinggap di sana, seperti kupu-kupu, kumbang, lebah, tirip, tabuhan, dan serangga-serangga lainnya.

Belum sampai di situ saja, ketika tumbuhan ini sudah mencapai ukuran yang cukup besar dengan dahan yang kokoh, bunga yang akan mekar di kisaran antara bulan April hingga bulan Agustus ini pun kadang kala dijadikan sarang oleh burung Tiung Batu Licik.

Namun sayangnya, banyaknya permintaan akan bunga Edelweis menjadi sebuah sarana bagi pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk menjualnya. Tanpa pikir panjang, mereka membabat habis tumbuhan ini sehingga bunga Edelweis dikategorikan sebagai tanaman langka.

Tempat-tempat Penghasil Bunga Edelweis Terbaik di Indonesia

Tempat-tempat Penghasil Bunga Edelweis Terbaik di Indonesia

id.wikipedia.org

Bunga Edelweis merupakan jenis tumbuhan berbunga cantik yang hidup di daerah-daerah yang tinggi. Bunga ini sering kali tumbuh pada ketinggian mulai dari 1.800 meter di atas permukaan laut hingga ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut.

Ada beberapa tempat di Indonesia yang cocok untuk dikunjungi demi menikmati keindahan dari bunga Edelweis. Berikut ulasannya :

Bunga Edelwesi Gunung Semeru

Bunga Edelwesi Gunung Semeru

www.wisatagunung.com

Gunung Semeru yang merupakan puncak tertinggi di pulau Jawa ini adalah salah satu tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan bunga Edelweis. Hamparan bunga Edelweis nan cantik dapat Anda temukan di daerah Kalimati.

Dari daerah Kalimati, tak hanya hamparan bunga Edelweis semata yang dapat dinikmati. Keindahan puncak mahameru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dapat dinikmati dari Kalimati.

Bunga Edelweis Gunung Rinjani

Bunga Edelweis Gunung Rinjani

duniaduasembilan.blogspot.com

Gunung Rinjani yang merupakan salah satu destinasi pendakian terbaik di Indonesia pun tak mau kalah soal bunga Edelweis. Selain dikenal karena Golden Sunrisenya, gunung Rinjani juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati keindahan bunga Edelweis mulai dari ketinggian 2.700 MDPL.

Tepat 1 kilometer sebelum menjajakan kaki di puncak Rinjani, hamparan bunga Edelweis yang dipadukan dengan pemandangan danau Segara Anak seketika akan membayar rasa lelah mendaki dengan keindahannya. Lokasi tersebut tepatnya berada di Plawangan Sembalun.

Bunga Edelweis Gunung Lawu

Bunga Edelweis Gunung Lawu

www.imzum.com

Gunung Lawu yang terletak di antara Kabupaten Magetan (Jawa Timur) dan Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) juga menyimpan harta karun pemandangan bunga Edelweis. Walaupun jalur yang dilalui terbilang menantang, gunung ini tetap menjadi salah satu destinasi paling tepat untuk melihat sang bunga abadi.

Gunung Lawu memiliki bunga Edelweis yang sedikit berbeda dengan bunga Edelweis yang biasa ditemukan di gunung-gunung lainnya. Perbedaan tersebut tampak jelas pada bunganya yang berwarna pink keunguan.

Bunga Edelweis Gunung Papandayan

Bunga Edelweis Gunung Papandayan

wisatakagarut.blogspot.com

Bunga Edelweis juga dapat dijumpai di jalur pendakian gunung Papandayan. Begitu tiba di daerah Tegal Alun, pemandangan “hutan Edelweis” yang lebat akan langsung memanjakan pandangan kedua mata. Karena itulah gunung Papandayan menjadi salah satu tempat paling tepat untuk menikmati pemandangan Edelweis.

Bunga Edelweis Gunung Merbabu

Bunga Edelweis Gunung Merbabu

www.panoramio.com

Pemandangan bunga Edelweis yang terhampar luas di sekitar ketinggian gunung Merbabu juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Padang Edelweis seluas 50 hektar dapat dinikmati melalui jalur pendakian Selo, mulai dari Tuk Pakis, Sabana 1 hingga Sabana 2. Padang Edelweis tersebut mulai terlihat dari ketinggian 2.700 hingga 2.750 MDPL.

5 Comments

  1. Yuriska October 12, 2016
    • Kuya Hejo October 12, 2016
  2. Yuriska October 14, 2016
    • Kuya Hejo October 15, 2016
      • Yuriska October 19, 2016

Leave a Reply