Jenis-jenis Bunga Anggrek Ini Akan Menarik Perhatianmu dengan Kecantikannya

Bunga Anggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan hias berbunga yang sangat diminati. Keberadaannya cukup populer karena kecantikan bunga-bunganya yang memiliki kekhasan tersendiri dari tiap varietasnya.

Perawatannya yang tergolong mudah menjadikan tanaman Anggrek ini semakin digemari. Tak hanya dapat menghiasi halaman rumah semata, bunga Anggrek ini pun akan cocok dijadikan tanaman hias indoor karena memang mampu untuk bertahan hidup.

Bunga Anggrek memiliki nama latin Orchidaceae. Bagian tubuh yang dimiliki bunga Anggrek cenderung berukuran cukup tebal, sehingga berefek pada penguapan air yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut lah yang mengakibatkan bunga Anggrek cukup tangguh ketika bertahan hidup kala kekeringan melanda.

Mayoritas tanaman bunga Anggrek ini bersifat epifit, yakni jenis tanaman yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lainnya yang berukuran lebih besar darinya. Dengan kata lain, bunga Anggrek membutuhkan tanaman lain untuk dijadikan sebagai inang tempatnya hidup dan tumbuh.

Walaupun sebagian besar tanaman bunga Anggrek ini merupakan jenis tanaman hias epifit yang memerlukan tanaman lain sebagai inangnya, bunga Anggrek bukan lah tanaman yang berkarakter parasit. Hal tersebut dikarenakan tanaman Anggrek mampu mengolah makanan untuk dirinya sendiri.

Jenis-jenis Bunga Anggrek

Bunga Anggrek mempunyai berbagai macam jenis yang sangat bervariasi. Bahkan bunga Anggrek dikenal sebagai tanaman berbunga yang memiliki jenis terbanyak di dunia. Seluruh varietas tersebut terpencar ke berbagai belahan dunia, mulai dari wilayah hutan hujan tropis sampai daerah sirkumpolar.

1. Bunga Anggrek Bulan

Bunga Anggrek Bulan Putih

forum.orchideenforum.eu

Bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan jenis bunga Anggrek dengan kelopak bunga yang cukup tebal serta melebar. Bunga Anggrek bulan ini tergolong jenis anggrek monopodial, yakni jenis tumbuhan yang hanya membutuhkan sedikit cahaya untuk kelangsungan hidupnya.

Jika diperhatikan lebih dalam, satiap kelopak bunga Anggrek bulan memang terlihat seperti setengah bulan. Bunganya yang beraroma harum samar-samar akan mekar dan mencapai diameter hingga 10 sentimeter.

2. Bunga Anggrek Lady Slipper Orchid

Bunga Anggrek Lady Slipper Orchid ini merupakan jenis bunga Anggrek yang tampil menawan dan sangat mempesona. Wajar saja, karena kecantikan serta keunikan yang dimilikinya, bunga Anggrek jenis ini kian mendapat banyak perhatian dari pencinta Anggrek.

Penyebaran bunga Anggrek hias yang satu ini sudah tersebar nyaris ke seluruh penjuru dunia, seperti di benua Asia, benua Eropa, bahkan sampai benua Pasifik pun terkena cipratan penyebaran bunga Anggrek hias cantik yang satu ini.

Warna yang menempel pada bunganya terlihat sangat cantik dengan memadukan antara warna ungu cerah (beberapa kasus terlihat seperti merah kecokelatan) dan juga warna kuning. Kemudian terdapat bulu-bulu halus yang menyelimuti kelopak indahnya tersebut.

3. Bunga Anggrek Tebu

Bunga Anggrek Tebu

commons.wikimedia.org

Bunga Anggrek Tebu memiliki nama latin Grammatophyllum speciosum. Bunga yang dimilikinya pun sangat cantik dengan kuning sebagai warna dasarnya. Warna dasar tersebut kemudian dipercantik kembali dengan adanya motif bintik-bintik berwarna merah, cokelat, atau kehitaman.

Bunga Anggrek Tebu juga dikenal sebagai bunga Anggrek raksasa. Hal tersebut dikarenakan bunga Anggrek yang satu ini merupakan bunga Anggrek terbesar di dunia. Dalam pertumbuhannya, ukurannya dapat mencapai 3 meter dengan bobot sekitar 1 ton.

4. Bunga Anggrek Peri

Tentu, banyak sekali orang-orang yang tertarik dengan bunga Anggrek Peri ini. Kecantikannya yang luar biasa menjadikan bunga Anggrek yang bernama latin Calypso Orchid ini mampu menyandang gelar sebagai bunga Anggrek paling cantik sekaligus paling unik di dunia.

Bermodalkan warna ungu atau pink cerah pasti akan menarik pandangan mata siapa pun orang yang melihatnya. Daun kelopaknya pun tergolong unik karena tumbuh sedikit menjulur panjang dengan bentuk yang sangat khas.

5. Bunga Anggrek Tien Soeharto

Bunga Anggrek Tien Soeharto atau yang dikenal pula sebagai bunga Anggrek Hartinah merupakan jenis bunga Anggrek khas Negara Republik Indonesia. Pantas saja nama yang dimilikinya pun sangat identik dengan presiden kedua negara ini.

Tahun 1976 merupakan tahun yang bersejarah bagi bunga Anggrek ini, sebab pada tahun itulah untuk pertama kalinya bunga Anggrek ini dikenali oleh publik. Kala itu, bunga Anggrek ini ditemukan di pulau Sumatera, tepatnya di desa Baniara Tele, Kabupaten Samosir.

Leave a Reply